UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DILENGKAPI LKS PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA-3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA

BASKORO, FEBRI (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DILENGKAPI LKS PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA-3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (318Kb) | Preview

    Abstract

    Febri Baskoro. UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DILENGKAPI LKS PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA-3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Januari 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) Penerapan model pembelajaran NHT dilengkapi LKS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA-3 pada materi Termokimia. 2) Penerapan model pembelajaran NHT dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-3 pada materi Termokimia. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013. Data penelitian yang diambil berupa prestasi belajar aspek kognitif dan aspek afektif, aktivitas siswa serta kepuasan belajar siswa sebagai gambaran tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes prestasi kognitif, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan: 1) Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dilengkapi LKS dapat meningkatkan aktivitas belajar materi Termokimia. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase rata-rata indikator keaktifan siswa 72,76% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 89,73%. Siswa yang dinyatakan sangat aktif pada siklus I sebanyak 17,86% dan pada siklus II meningkat menjadi 32,14%. 2) Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar materi Termokimia. Hal ini dapat dilihat tes kognitif yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai 46,43% pada siklus I dan 71,43% pada siklus II. Untuk hasil belajar afektif siswa didapatkan persentase rata-rata aspek afektif untuk siklus I sebesar 72,51% dan siklus II sebesar 77,76%. Siswa yang dinyatakan berkategori sangat baik sebesar 3,57% pada siklus I dan pada siklus II sebanyak 35,71%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:23
    Last Modified: 03 May 2014 18:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14031

    Actions (login required)

    View Item