UPAYA MENINGKATKAN PENERAPAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS V SD ANGKASA LANUD ADI SOEMARMO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013

NURHIDAYAT, TONY (2013) UPAYA MENINGKATKAN PENERAPAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS V SD ANGKASA LANUD ADI SOEMARMO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (266Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan penerapan konsep sifat-sifat cahaya melalui model The Power Of Two pada siswa kelas V SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo Karanganyar tahun ajaran 2012/ 2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD siswa kelas V SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo Karanganyar yang berjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu nilai rata-rata penerapan konsep siswa pada pratindakan adalah 62 dengan persentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (>70) sebanyak 41% siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,33 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 66,67% dan siswa mampu membuat produk dari penerapan sifat-sifat cahaya berupa periskop dan cakram warna tetapi masih banyak kekurangan. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 80,48, dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 92,58% dan siswa mampu membuat produk dari penerapan sifat-sifat cahaya berupa periskop dan cakram warna dengan hasil yang baik. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa model The Power Of Two dapat meningkatkan penerapan konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo Karanganyar tahun ajaran 2012/ 2013. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model The Power of Two dapat meningkatkan penerapan konsep sifat-sifat cahaya siswa kelas V SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa model The Power Of Two dapat meningkatkan penerapan konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo Karanganyar tahun ajaran 2012/ 2013. Kata Kunci: Penerapan konsep, sifat-sifat cahaya, model The Power of Two ABSTRACT The aim of the research is to improve concept application of light characters through The Power of Two model in fifth grade students of Angkasa Lanud Adi Soemarmo Elementary School, Karanganyar on the academic year 2012/2013. This research form is Classroom Action Research (CAR) and it was conducted in two cycles. Each cycle consist of four steps, they are planning, implementation, observation, and reflection. The research subject is the fifth grade students of Angkasa Lanud Adi Soemarmo Elementary School, Karanganyar on the academic year 2012/2013 consist of 27 students. The source of data came from teacher and student. The techniques of collecting data used are observation, interview, documentation, and test. The data validity used data triangulation and technique triangulation. The techniques of analyzing data are interactive analys consisting of the three components, the are data reduction, data display, and conclusion. Result of this reaseacrh that is the average value of student concept application before action is 62 with a percentage of classical completeness is 41%. On the cycle I, the average value of student rising to 73.33 with a percentage of classical completeness is 66.67% and students were able to made product from application of light characters such as periscopes and color discs although there are still many deficiency. On the cycle II, the average value of student rising again become 80.48 with a percentage of classical completeness is 92.58% and students were able to made the product with a good result. The conclusion of this research is through The Power of Two model can improving concept application of light characters through The Power of Two model in the fifth grade students of Angkasa Lanud Adi Soemarmo Elementary School, Karanganyar on the academic year 2012/2013. Therefore, a recommendation Can be addressed that The power of two model can improve concept application light characters in the fifth grade student of Angkasa Lanud Adi Soemarmo Elementary School, Karanganyar in the academic year 2012/2013. Keywords: Concept application, light character, The Power of Two model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:24
    Last Modified: 03 May 2014 17:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14027

    Actions (login required)

    View Item