UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MUHAMMADIYAH 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sudrajat., Prastiyono Robi (2012) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIIIA SMP MUHAMMADIYAH 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (558Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRACT This research aims to improve of learning outcomes passing on volleyball on student of class VIIIA SMP Muhammadiyah 1 academic year 2011/2012 with the implementation of teaching reciprocal style. This research used classroom action research. This research conducted two cycles, each cycle consisting of two meetings, each meeting of 2 x 40 minutes. Each cycle consists of four steps, namely planning, action, observation and reflection. The research subjects were students of class VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Academic Year 2011/2012, which amounts to 34 students. The instrument used for data collection in this research was the observation sheets, questionnaires and students test performance. Analysis of the data was used in this research is a descriptive analysis. From the research, there was an increase of learning outcomes in passing on volleyball from before action, cycle I to cycle II. Learning outcomes of passing on volleyball before action is 29,41%, first cycle, 44,12% and second cycle 97,06%. Thus, the increasing of learning outcomes of passing on volleyball before action condition to cycle II is 67,65%. Based on the results of the research was got the conclusion that the implementation of reciprocal teaching styles can improve of learning outcomes of passing on volleyball on students of class VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kebumen academic year 2011/2012. Keywords: learning outcomes, reciprocal teaching style ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kebumen tahun pelajaran 2011/2012 dengan penerapan gaya mengajar resiprokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan, setiap pertemuan 2 x 40 menit. Setiap siklus meliputi empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012, yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, angket dan tes unjuk kerja siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar passing atas bolavoli dari kondisi pratindakan, siklus I hingga siklus II. Hasil belajar passing atas bolavoli pratindakan 29,41%, siklus I 44,12%, dan siklus II 97,06%. Dengan demikian peningkatan hasil belajar passing atas bolavoli dari kondisi pratindakan hingga siklus II sebesar 67,65%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Kebumen tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: hasil belajar, gaya mengajar resiprokal

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:25
    Last Modified: 03 May 2014 17:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14016

    Actions (login required)

    View Item