MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SENAM LANTAI MELALUI METODE PROGRESIF PADA SISWA KELAS VII A MTs SA PP AL FALAH BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

WARDHANA, RENDRA (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SENAM LANTAI MELALUI METODE PROGRESIF PADA SISWA KELAS VII A MTs SA PP AL FALAH BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (142Kb) | Preview

    Abstract

    Rendra Wardhana. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SENAM LANTAI MELALUI METODE PROGRESIF PADA SISWA KELAS VII A MTs SA PP AL FALAH BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Surakarta, Maret 2013. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar roll depan senam lantai melalui metode progresif pada siswa kelas VII A MTs SA PP Al Falah Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A MTs SA PP Al Falah Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 39. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar dan proses pembelajaran roll depan VII A MTs SA PP Al Falah Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013, (2) data skunder yaitu, berupa RPP, Silabus dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan roll depan dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, metode progresif dapat meningkatkan hasil belajar roll depan pada siswa kelas VII A MTs SA PP Al Falah Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Kondisi awal sebelum dilakukan PTK, siswa yang tuntas hanya 13 siswa. Pada siklus 1 peningkatan hasil belajar roll depan menjadi 32 siswa. Pada siklus 2 meningkat menjadi 37 siswa. Metode progresif memberi kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar roll depan. Dengan penerapan metode progresif siswa memahami dan menguasai inti gerakan roll depan dan mampu membuat posisi tubuh sebulat mungkin dan mampu merangkaikan tahapan berikutnya dengan baik, sehingga gerakan roll depan yang dilakukan menjadi lebih baik. Simpulan penelitian ini sebagai berikut: Metode progresif dapat meningkatkan hasil belajar roll depan pada siswa kelas VII A MTs SA PP Al Falah Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar roll depan dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 25,64%. Dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 25,64%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 51,28%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:28
    Last Modified: 03 May 2014 18:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14013

    Actions (login required)

    View Item