Kandungan Padatan Terapung (Flog) pada Pengolahan Air Limbah Home Industry Batik dengan Reaktor Elektrokimia di Kelurahan Sondakan

INDIKA, RIYAN RAHMA (2013) Kandungan Padatan Terapung (Flog) pada Pengolahan Air Limbah Home Industry Batik dengan Reaktor Elektrokimia di Kelurahan Sondakan. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (265Kb) | Preview

    Abstract

    Riyan Rahma Indika, 2013. Kandungan Padatan Terapung (Flog) pada Pengolahan Air Limbah Home Industry Batik dengan Reaktor Elektrokimia di Kelurahan Sondakan. Tugas Akhir, Program Diploma III Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Air limbah yang dibuang sembarangan dapat menjadi masalah yang serius apabila tidak ditangani dengan cermat. Pengolahan lebih lanjut untuk air limbah sangatlah penting karena untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan yang disebabkan oleh air limbah ini. UPAL-RE merupakan salah satu alat yang dapat mengurangi kadar polutan yang ada di dalam air limbah. Tetapi pada proses pengolahannya, alat ini menghasilkan suatu padatan yang mangapung atau flog. Flog ini belum diketahui apa saja kandungan yang ada, apakah berbahaya bagi lingkungan atau tidak. Oleh karena itu dilakukan suatu penelitian lebih lanjut tentang flog ini. Metode yang digunakan adalah eksperimental laboratorium untuk mengetahui kandungan yang terdapat di dalam flog. Alat UPAL-RE ini sendiri menggunakan prinsip kerja listrik pada reaksi elektrokimia. Di dalam proses elektrokimia ini akan muncul gelembung udara yang akan mengapungkan kandungan zat-zat yang ada di air limbah batik yang kemudian menjadi flog. Kemudian akan dilakukan penelitian untuk mengetahui berapa flog yang dihasilkan pada setiap proses pengolahan, apa saja kandungan yang ada di flog tersebut, dan apakah sudah memenuhi baku mutu yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berat flog rata-rata yang dihasilkan pada pengolahan dengan alat UPAL-RE selama 40 menit ini adalah sebesar 0,908 gr/l. Sedangkan kandungan terbesar yang terdapat di dalam flog secara berturut-turut adalah kromium total (Cr total) 0,07 mg/l, kadmium (Cd) 0,027 mg/l, dan alumunium (Al) 0,021 mg/l. Semua kandungan yang ada tersebut masih berada di bawah kadar maksimum yang diperbolehkan menurut Perda Jateng No. 5 Tahun 2012 tentang Baku Mutu Air Limbah, sehingga aman bagi lingkungan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:30
    Last Modified: 03 May 2014 18:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14007

    Actions (login required)

    View Item