PENGARUH PSYCHOLOGICAL CLIMATE, DAN TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE DENGAN JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABLE MEDIASI (Studi pada 5 Perusahaan Garment di Ungaran-Semarang)

ALI, FIKRI (2013) PENGARUH PSYCHOLOGICAL CLIMATE, DAN TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE DENGAN JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABLE MEDIASI (Studi pada 5 Perusahaan Garment di Ungaran-Semarang). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (985Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh Iklim psikologis terhadap kepuasan kerja; 2) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap tingkat kepuasan kerja; 3) pengaruh kepuasan kerja terhadap tingkat kinerja; dan 4) tingkat kepuasan kerja karyawan secara signifikan yang akan memediasi hubungan antara prediktor yaitu, iklim psikologis dan kepemimpinan transformasional dalam mempengaruhi kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dari lima perusahaan garment yang terdapat di Ungaran-Semarang-Jawa Tengah, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 350 orang karyawan sebagai responden. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis menggunakan structural equation modelling (SEM) parametric (AMOS for windows) yang meliputi uji: asumsi SEM, CFA First Order, Goodness Of Fit, dan uji structural (kausal). Hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Iklim psikologi tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan kerja (nilai probabilitas > 0,05), yang berarti bahwa semakin baik iklim psikologi akan belum tentu berpengaruh pada peningkatan kepuasan kerja karyawan. Hipotesis pertama terbukti (tidak didukung). 2) Kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan meningkatkan kepuasan kerja (p < 0,05), yang berarti bahwa kepemimpinan merupakan variabel yang dianggap penting dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Hipotesis kedua terbukti (didukung). 3) Kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kinerja (p > 0,05), hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan kerja mempengaruhi pada peningkatan kinerja karyawan. Hipotesis ketiga terbukti (tidak didukung). 4) Kepuasan kerja tidak memediasi hubungan antara variabel eksogen dan endogen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:44
    Last Modified: 03 May 2014 18:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/14003

    Actions (login required)

    View Item