, Harlita (2009) Implementasi Pembelajaran Multistrategi untuk Meningkatkan Pemahaman terhadap Istilah pada Mata Kuliah Embriologi Hewan. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 93-99.
Abstract
Tujuan penilitian ini adalah : (1) Mengetaliui bagaimana implementasi Pembelajaran Multish'ategi dapat merangsang mahasiswa untuk belajar dan menggunakan daya pikir secara aktif terhadap mata kuliah Embriologi Her.van; (2) Mengetahui bagaimana penggunaan beberapa nracam alternatif pembelajaran istilah meningkatkan pencapaian konsep belajar mahasiswa pada mata kuliah Bnrbriologi Hewan; (3) Mengetahui darr4rak penggunaan bebelapa fiutcarn alternatif pernbelajaran istilah meningkatkan performa mengajar dosen pada mata kuliah Embriologi Hewan. Penelitian ini tnentpakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian mahasiswa semester VI yang sedang rnengambil mata kuliah Ernbriologi Hewan atau m,ahasiswa sernester atas yang belum lulus atau mengulang mata kuliah Enrbliologi Hewan tahun ajaran 2008/2009 sejumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan rnetode obseiwasi, wawancara, angket, tes dan kajian dokumen.Validitas data dengan teknik h'iangulasi . Analisis data dilakukan secala deslc'iptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisa data .lapat disirrpulkan : (1) Penggunaan beberapa macam alternatif pernbelajaran istilah dapat merangsang mahasiswa untuk belajar dan menggunakan daya pikir secara aktif terliadap mata kuliali Errbriologi Hewal; (2) Penguasaan konsep mata kuliah Embriologi Hewan bisa ditingkatkan dengan adanya bebelapa macarn alternatif pernbelajaran istilah , dengan meningkatnya mahasiswayang lulus yaitu 99,04yo dengan prosentase nilai A dan B sebesar 60%.; (3) Penggunaan beberapa fiulcatn alteinatif penrbelajaran istilah dapat rneningkatkan performa mengajar dosen pada mata kuliah Embriologi Hewan. I(ata kunci: pembelaiaran multistrategi, pemahaman istilah, embriologi hewan
Actions (login required)