Prestasi Belajar Biologi Pada Kompetensi Dasar Bioteknologi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instrudion (PBI) Disertai Hand Out dan Model Pembelajarrn Search Solve Creste snd Share (SSCS) Ditinjau Dari Intelegensi Siswa

Utami, Runtut Prih (2009) Prestasi Belajar Biologi Pada Kompetensi Dasar Bioteknologi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instrudion (PBI) Disertai Hand Out dan Model Pembelajarrn Search Solve Creste snd Share (SSCS) Ditinjau Dari Intelegensi Siswa. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 45-54.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (8Mb) | Preview

    Abstract

    Makalah ini merupakan hasil penelitian studi kasus siswa kelas X di SMA Negeri 1 Karanganyar tahur ajaran 2005/2006. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan pengaruh antara model perrrbelajaran Searclt Solve Create and Share (SSCS) dengan model pembelajaran Problern Based Instruction (PBI) diseriai Hand Out tertiadzp prestasi belajar biologi, (2) perbedaan pengaruh antara IQ siswa tinggi dan IQ siswa rendah terhadap prestasi belajar biologi, (3) interaksi antara model pembelajaran dengan IQ siswa terhadap prestasi belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Jruri 2006, menggunakan metode eksperimen dengan menganrbil dua kelompok secara acak. Populasi dalampenelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2005/2006. Sanpel dalam penelitian ini adalah enam kelas yang diarrbil sacara acak dengan melalui undian, sebagai kelas konfrol adalah kelas Xl, X4, dan X6, sedangkan kelas eksperimenlya adalah kelas X2, X3, dan X5. Teknik pengurrpulan data menggunakan rnetode tes, dokumentasi, angket dan obseryasi. Data dianalisis dengan teknik Anava tigajaian yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Dali hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instrurctiott (PBI) disertai Hand Out dan model pembelajaran Searclt Solve Create and Sftale (SSCS) terhadap prestasi belajar biologi, (2) terdapat pengaruh antara IQ siswa tinggi dan IQ siswa rendah telhadap prestasi belajar-biologi, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan IQ siswa tei'hadap prestasi belajal biologi. Keywords: PBI, SSCS, prestasi, intelegensi

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 29 Apr 2014 22:17
    Last Modified: 29 Apr 2014 22:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13997

    Actions (login required)

    View Item