Widoretno, Sri (2009) PENGGUNAAN MASALAH DALAM MODUL PRAKTIKUM SEBAGAI PENUNTUN KEGIATAN LAPANGAN PADA MATAKULIAH EKOLOGI TUMBUHAN DI PRODI P.BIOLOGI TAHUN 2009. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 31-44.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah ekologi tumbuhan di prodi P. Biologi FKIP tahun aJatan 2009 dengan melalui pemanfaatn modul praktikum yang berbasis masalah sebagai penuntun kegiatan di lapangan Tujuan penelitian ini adalah untuk :i. meningkatkan kulaitas berdiskusi dengan indicator pertanyaan yang muncul dari siswa dalam rangka menanggapi modul yang berisi masalah'yang harus dipecahkan melalui data lapangan. Meningkatkan kLralitas pembelajaran seutuhnya yang dikelola oleh psngarrpu kuliah ekologi hrnbuhan. Prosedur penelitian menggunakan proseduir penelitian kualitatip dengan menggunakan tindakan berupa penggunium modul praktikum yang dipergunakan sebagai penuntun kegiatan di lapangan. Analisis tindakanmengikuti aturan Kemmis danTaggafi.. Analisis data menggunakan anlisis i<r'itis. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada'. 1. Ada peningkatkan kulaitas berdiskusi dengan indikator perta"ny€an yang muncul dari siswa dalam rangka menanggapi modul yang berisi masalah yang harus dipecahkan melalui datalaputgan 2. Belum jelas ada peningkatkan kualitas pembelajaran seutuhnya pada mata kuliah ekologi tumbuhan akibat degunkan nya modul praktikum sebagai penuntun kegiatan lapangan. 3. Perlutindakan untuk peningkatan secara keseluruhan dengan tindakan yang melibatkan perkuliahan yang dikelola oleh pengampu kuliah ekologi tumbuhan.
Actions (login required)