, Suciati (2009) MIND MAP AS ALTERNATIVE TO DEVELOPING DESIGN MODEL OF BIOLOGY INSTRUCTION BASED ON MULTIPLE INTELLIGENCE. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 23-30.
Abstract
Belum optimalnya hasil U.tuiurTffffiur, siswa dalarn mata pelajarart biologi mengindikasikan bahwa masih rendahnya kemarnpuan siswa dalam memaharni konsep-konsqp biologi dikarenakan siswa masih nrengalami hambatan dalam belajar. Meski pengembangan shategi pernbelajaratl biologi melalui penerapan berbagai model pembelajaran yarlg kreatif dan inovatif telah banyak dilakukan oleh guru, namun hasilnya cenderung belum efektif. Rendahnya efektivitas inovasi pengembangan rancangan model pembelajaran biologi umurrxlya mengabaikan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mengacu pada pengenrbangan potensi peserta didik secara optimal seperti yang diamanatkan dalarn KTSP 2006. Kecerdasan rnultiple intelligence merupakan potensi yang dimiliki peserta didik meliputi kecerdasan: logika matematika, linguistik (bahasa), spasial (ruang/bidang), kinestetik, musikal, interpersonal, dan intrapersonal, naturalis dan eksistensial selama ini belum banyak dikembangkan dalarn penrbelajaran. Oleh karenanya dapat dijadikan alternatif dalam pembuatan rancangan model pernbelajaran biologi . Mind Map merupakan petrbelajaran inovatif yang selain memiliki beberapa karakteristik keunggulan yang sangat relevan dengan penrbelajaran biologi, juga memungkinkan unfuk dapat digunakan turtuk mengembangkan kecerdasan multtple intelligence peserta didik. Oleh karenanya kepada glu'u biologi perlu memahami mekanisme kerja otak dalam melakukan pefinosesan Informasi ketika belajar uttuk acrurn dalam membuat rancangan model perrrbelajaran biologi yang efektif sebagai solusi terhadap hambatan peserta didik dalam memahami konsry-konsry biologi agar hasil belajar dapat lebih optimal. Kata kunci: Rancangan rnodel pembelajaran biologi, multiple intelligence, Mind Mup, kualitas p enrb elaj ar an, profesionalisme guru"
Actions (login required)