KEGIATAN MARKETING PUBLIC RELATIONS (MPR) DALAM UPAYA MEMBENTUK PRODUCT KNOWLEDGE MASYARAKAT (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Kegiatan MPR dalam Membentuk Product Knowledge Shar-E Bank Muamalat Indonesia Cabang Solo)

SIREGAR, MARADENSA AHMAD NUH (2013) KEGIATAN MARKETING PUBLIC RELATIONS (MPR) DALAM UPAYA MEMBENTUK PRODUCT KNOWLEDGE MASYARAKAT (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Kegiatan MPR dalam Membentuk Product Knowledge Shar-E Bank Muamalat Indonesia Cabang Solo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (262Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK MARADENSA AHMAD NUH SIREGAR, D 0205093. Kegiatan Marketing Public Relations (MPR) dalam Upaya Membentuk Product Knowledge Masyarakat (Studi Pada Produk Shar-E Bank Muamalat Indonesia Cabang Solo). Skripsi, Program S-1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2013. Dibawah bimbingan Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.Si. Marketing Public Relations merupakan salah satu kegiatan yang dapat digunakan dalam memberikan informasi mengenai suatu produk kepada konsumen. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Bank Muamalat Indonesia cabang Solo melakukan kegiatan Marketing Public Relations (MPR) dalam upaya membentuk product knowledge pada khalayak tentang Shar-E dan bagaimana product knowledge khalayak terhadap Shar-E. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kegiatan Marketing Public Relations (MPR) yang yang dilakukan oleh Bank Muamalat Indonesia dalam upaya membentuk product knowledge pada khalayak mengenai produk Shar-E dan mengetahui product knowledge khalayak terhadap Shar-E. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan wawancara dengan nara sumber. Dengan demikian teknik analisis datan yang digunakan adalah model analisis interaktif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Bank Muamalat Indonesia Cabang Solo menggunakan MPR tidak hanya sekedar memberikan informasi mengenai Shar-E saja, namun juga memberikan edukasi mengenai perbankan syariah yang masih banyak salah kaprah di dalam masyarakat. Dengan adanya edukasi ini khalayak diharapkan dapat paham akan perbankan syariah dan menggunakan Shar-E sebagai produk syariah alternatif yang ditawarkan. Untuk memberikan informasi mengenai Shar-E, Bank Muamalat Indonesia Cabang Solo melakukan pendekatan dengan strategi push, pull dan pass. Pemberian informasi tidak hanya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan MPR saja namun juga dalam promosi yang dilakukan. Sehingga dalam memasarkan produk tidak hanya sekedar berjualan, namun juga memberikan pemahaman bahwa produk Shar-E memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pengetahuan khalayak akan produk Shar-E sudah baik. Pengetahuan tersebut dapat dilihat dari pemahaman khalayak akan produk Shar-E, dimana pengetahuan khalayak mencakupi tiga pengetahuan produk yakni pengetahuan akan atribut, manfaat dan kepuasan nilai akan Shar-E. ABSTRACT MARADENSA AHMAD NUH SIREGAR, D 0205093. Marketing Public Relations (MPR) Activities in a Efforts to Establish Product Knowledge Audience (Studies in Shar-e Products Muamalat Indonesia). Thesis, Major in Communication Science, Faculty of Social and Political Sciences, Sebelas Maret University of Surakarta, 2013. Under guidance of Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.Si. Marketing Public Relations is one of the activities that can be used to provide information about a product to consumers. The problem in this research is how the Solo branch of Bank Muamalat Indonesia conducting Marketing Public Relations (MPR) in order to form the product knowledge to the audience about the Shar-E and how the product knowledge of the Shar-e audiences. The research objective was to determine the activities of Marketing Public Relations (MPR), which are conducted by Bank Muamalat Indonesia in an effort to establish product knowledge to the audience regarding the Shar-E products and product knowledge to know the audience to Shar-E. This research is a qualitative research using primary and secondary data types. Data collection was conducted interviews with informants. Thus the coming of the analytical techniques used model is interactive analysis. This study concluded that Bank Muamalat Indonesia Solo Branch using MPR is not only to provide information about the Shar-E only, but also to provide education about Islamic banking is still a lot of misconceptions in the community. Given this educational audience is expected to understand the Islamic banking and using Shar-E as an alternative to offer Islamic products. To provide information about the Shar-E, Bank Muamalat Indonesia Solo Branch's approach strategy push, pull and pass. Provision of information is not only done through the activities of the Assembly but also in the promotion done. So the market is not just selling products, but also provide insight into the products Shar-E is consistent with the needs of the community. Knowledge of the audience for the product Shar-E is good. Knowledge can be seen from the general understanding of the products Shar-E, which includes three knowledge public knowledge ie knowledge of product attributes, benefits and satisfaction will value Shar-E.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 29 Apr 2014 20:32
    Last Modified: 29 Apr 2014 20:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13986

    Actions (login required)

    View Item