Geopolimer Composite nanoSilica-Phenolic (GeCo/nSP) Tahan Api dan Berkekuatan Tinggi Untuk Mendukung Pengembangan Roket Nasional

Diharjo, Kuncoro (2012) Geopolimer Composite nanoSilica-Phenolic (GeCo/nSP) Tahan Api dan Berkekuatan Tinggi Untuk Mendukung Pengembangan Roket Nasional. .

[img] Rich Text (RTF) - Published Version
Download (40Kb)

    Abstract

    Terkait dengan aplikasi komposit, persoalan utama yang muncul pada teknologi roket adalah (1) suhu propelan terbakar di dalam tabung mencapai 3000 OC, (2) berat roket diharuskan diturunkan agar jangkauannya menjadi lebih jauh, dan (3) suhu kritis pada ujung cone nose dan sirip mencapai di atas 1000 OC. Oleh karena itu, material roket diharuskan ringan dan tahan suhu tinggi. Komposit geopolimer dipandang paling sesuai untuk aplikasi ini, khususnya sebagai tabung motor, cone nose dan sirip. Aplikasinya sebagai tabung motor harus didukung oleh isolator termal yang lebih baik dengan menggunakan komposit geopolimer serat karbon, sedang aplikasinya pada cone nose dan sirip dapat dikombinasikan dengan CMC. Tujuan utama riset ini adalah mengaplikasikan komposit geopolimer untuk teknologi roket (isolator termal + tabung motor, cone nose dan sirip) sehingga berat roket menjadi lebih ringan dan jangkauannya menjadi lebih jauh. Teknologi manufakturnya juga ditingkatkan menuju teknik vacuum infusion dan atau filamen winding. Bahan penelitian adalah nano-silica, phenolyc, epoxy, dan material pendukung lainnya. Penelitian diawali dengan penelitian laboratorium dalam bentuk test piece untuk menentukan optimasi sifat fisis (massa jenis, hambatan panas, karakterisasi), mekanis (tarik, bending, impak, SEM), dan sifat tahan api/bakar (bunsen test, burner test). Variabel utama penelitian adalah kandungan partikel nano-silika. Optimasi hasi riset laboratorium akan digunakan sebagai acuan analisis optimasi desain aplikasi komposit geopolimer pada roket, sehingga riset ini menghasilkan material yang kuat, tahan api, dan ringan. Proses pembuatan sampel uji menggunakan kombinasi metode cetak tekan dan dikembangkan pembuatan dengan metode vacuum infusion atau filamen winding untuk prototipe produk. Pengujian test piece di laboratorium mengacu pada standar ASTM, sedangkan pengujian statisnya dilakukan secara langsung di LAPAN, termasuk uji terbang. Hasil riset yang diharapkan adalah (1) desain material roket dari multi laminate material komposit geopolimer untuk motor roket D 230 yang memiliki ketahanan panas, hambatan panas dan kekuatan tinggi, (2) prototipe produk motor roket D 230 dari bahan komposit geopolimer yang ringan dan teruji baik secara statis maupun uji terbang, (3) dihasilkannya teknologi joint antara CMC dengan komposit geopolimer untuk cone nose dan sirip, (4) prototipe produk cone nose dan sirip dari komposit geopolimer dengan ujung kritis CMC. Hasil penelitian ini akan dipublikasikan di seminar nasional/internasional dan publikasi di jurnal terakreditasi/jurnal internasional, serta produk paten terdaftar.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 29 Apr 2014 19:08
    Last Modified: 29 Apr 2014 19:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13971

    Actions (login required)

    View Item