Model Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Buku Ajar Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia pada Mahasiswa FKIP Univesitas Sebelas Maret

Suwandi, Sarwiji (2012) Model Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Buku Ajar Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia pada Mahasiswa FKIP Univesitas Sebelas Maret. .

[img] Rich Text (RTF) - Published Version
Download (39Kb)

    Abstract

    Kata kunci: buku ajar, MKU bahasa Indonesia, pendidikan karakter Penelitian ini bertujuan menyusun model pengintegrasian pendidikan karakter dalam buku ajar Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia (MKUBI). Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilakukan dengan Research and Development (R & D). Penelitian pada tahap pertama bertujuan (1) mendeskripsikan dan mengeksplanasikan kualitas buku ajar MKUBI, khususnya berkenaan dengan pendidikan karakter dan (2) merumuskan kebutuhan dosen dan mahasiswa terhadap buku ajar MKUBI berbasis pendidikan karakter. Pada tahap pertama dilakukan studi pendahuluan melalui kegiatan (1) studi kepustakaan, (2) analisis isi terhadap buku ajar MKUBI yang digunakan dosen FKIP UNS, dan (3) studi lapangan melalui pemberian angket dan wawancara dengan mahasiswa dan dosen pengampu MKUBI. Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan bahwa muatan pendidikan karakter dalam buku MKUBI masih terbatas atau kualitas buku ajar masih kurang baik ditinjau dari aspek pendidikan karakter. Buku ajar MKUBI yang diperlukan bagi dosen dan mahasiswa adalah buku yang tidak semata-mata menyajikan materi kebahasaan (kalimat efektif, ketepatan pilihan kata, dan penggunaan ejaan) dan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa, tetapi buku yang di dalamnya juga mengintegrasikan nilai-nilai karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut meliputi kepercayaan (memiliki integritas, tepat janji, jujur, dan loyal), rasa hormat (menghargai semua orang, menaati peraturan, menghormati martabat, privasi dan kebebasan orang lain, sopan dan ramah, toleransi dan menerima perbedaan, menghindari segala bentuk kekerasan, bersahabat dan komunikatif, dan mampu berpikir secara etis), tanggung jawab (akuntabilitas, pengendalian diri, memiliki rencana dan tujuan yang jelas, memilih sikap yang positif, percaya diri, mengejar keunggulan, proaktif, gigih, evaluasi diri, contoh yang baik, mengakui kesalahan dan mau memperbaikinya, dan berusaha memberikan yang terbaik), adil (konsisten, terbuka, berhati-hati dalam menilai orang lain, memperlakukan semua orang sama, dan mengikuti prosedur yang adil), peduli (tidak egois, berbelas kasih, baik hati, suka beramal, suka menolong, dan mudah memaafkan), kewarganegaraan (menjadi warga negara yang baik, melakukan sesuai tugas, membantu masyarakat, menaati aturan, menghormati kekuasaan dan hukum, menjaga lingkungan, serta demokratis dan partisipatif), belajar sepanjang hayat dan berpikir kritis (haus akan pengetahuan, menunjukkan kemampuan berpikir kritis, berpikir dengan sudut pandang yang berbeda, mencari kebenaran autentik, berpikir komprehensif, memiliki rasa ingin tahu, serta cerdas dan tanggap terhadap berbagai persoalan), rajin dan cakap (disiplin diri, menetapkan tujuan pribadi dan menilai kemajuan, perfeksionis, mengejar keunggulan dan menunjukkan usaha terbaik, kerja keras, mandiri, dan kreatif).

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 29 Apr 2014 19:05
    Last Modified: 29 Apr 2014 19:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13970

    Actions (login required)

    View Item