Studi Keanekaragaman Hayati di Kampus UNS Kentingan sebagai Dasar Pengembangan Kampus Konservasi: I. Struktur dan Komposisi Vegetasi

Sugiyarto, (2012) Studi Keanekaragaman Hayati di Kampus UNS Kentingan sebagai Dasar Pengembangan Kampus Konservasi: I. Struktur dan Komposisi Vegetasi. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Kata kunci: hutan kota, kampus UNS kentingan, keanekaragaman hayati, konservasi, vegetasi Kawasan kampus UNS Kentingan dipandang sebagai kawasan yang kaya akan keragaman vegetasi sehingga berperan penting untuk fungsi penyelamatan kekayaan hayati, sarana pendidikan dan menopang keseimbangan lingkungan kota Surakarta. Ironisnya hingga saat ini belum tersedia data-base kekayaan hayati di kawasan tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk menyusun dan mendokumentasikan struktur dan komposisi vegetasi di kawasan kampus UNS Kentingan sebagai dasar pengembangan kampus konservasi terpadu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode sensus berdasarkan zona-zona pengelolaannya meliputi data jenis, populasi, serta posisi sebarannya. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, meliputi perbandingan indeks keanekaragaman, struktur dan pola sebarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di area kampus UNS Kentingan didapatkan sejumlah 8577 individu pohon, terdiri dari 151 jenis dengan nilai indeks diversitas 0,94. Jenis-jenis pohon dominan berturut-turut adalah angsana (Pterocarpus indicus) dengan INP 0,363, akasia (Acasia auriculiformis) dengan INP 0,093 dan (Tectona grandis) dengan INP 0,069. Penyebaran pohon tidak merata, 2 zona paling padat adalah di Fakultas Teknik dan Pertanian. Zona paling banyak jenisnya adalah di sekitar Stadion, sedangkan yang paling tinggi indeks keanekaragamannya adalah Fkedokteran-MIPA.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QK Botany
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 29 Apr 2014 19:02
    Last Modified: 29 Apr 2014 19:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13968

    Actions (login required)

    View Item