PENGARUH KETEBALAN CORAN TERHADAP STRUKTUR MIKRO, KEKERASAN DAN KETAHANAN AUS HASIL CORAN PADA PROSES PEMBUATAN BESI COR (MENGKAJI BESI COR BERGRAFIT VERMICULAR)

KHOIRI, MUHAMMAD LUKMAN (2013) PENGARUH KETEBALAN CORAN TERHADAP STRUKTUR MIKRO, KEKERASAN DAN KETAHANAN AUS HASIL CORAN PADA PROSES PEMBUATAN BESI COR (MENGKAJI BESI COR BERGRAFIT VERMICULAR). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (385Kb) | Preview

    Abstract

    PENGARUH KETEBALAN CORAN TERHADAP STRUKTUR MIKRO, KEKERASAN DAN KETAHANAN AUS HASIL CORAN PADA PROSES PEMBUATAN BESI COR (MENGKAJI BESI COR BERGRAFIT VERMICULAR) MUHAMMAD LUKMAN KHOIRI Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia E-mail : muhammadlukmankhoiri@yahoo.com Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh ketebalan coran terhadap struktur mikro, kekerasan dan ketahanan aus besi cor pada proses pembuatan besi cor(mengkaji besi cor bergrafit vermicular). Proses pembuatan besi cor dilakukan dengan meleburkan besi skrap menggunakan tungku induksi sampai suhu 1450oC, selanjutnya ditambahkan magnesium 200 gram pada ladel untuk membentuk struktur vermicular. Variasi ketebalan coran yang diteliti adalah 10, 20, 30 dan 40 mm. Hasil penelitian ini menunjukkan pada ketebalan coran 10, 20, 30 mm terbentuk grafit nodular, hanya pada ketebalan 40 mm saja mampu menghasilkan besi cor berstruktur vermicular, laju pendinginan sangat berpengaruh pada pembentukan grafit vermicular. Nilai kekerasan tertinggi pada ketebalan coran 10 mm dengan nilai kekerasan sekitar 176 HBN, sedangkan nilai terendah pada ketebalan coran 40 mm dengan nilai kekerasan sekitar 155 HBN. Pada pengujian keausan menunjukan bahwa pada ketebalan coran 40 mm memiliki ketahanan aus lebih baik dari pada ketebalan coran 10, 20, 30 mm. Kata kunci :Besi cor, grafit vermicular, magnesium, fasa matrik, struktur mikro, kekerasan, keausan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 29 Apr 2014 19:03
    Last Modified: 29 Apr 2014 19:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13967

    Actions (login required)

    View Item