Penyiapan Pola Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Masyarakat Desa Jetis Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah

SETYONO, PRABANG (2012) Penyiapan Pola Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Masyarakat Desa Jetis Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Keyword: perubahan iklim, sosialisai, desa Jetis. Perubahan iklim menjadi masalah global sekaligus isu lingkungan hangat dimasyarakat. Dampak perubahan iklim member resiko negative bagi kehidupan termasuk manusia. Untuk menghadapinya dibutuhkan adaptasi dan mitigasi yang menuntut keikutsertaan semua pihak. Sungguh disayangkan pemahaman perubahan iklim tidak merata di masyarakat, kondisi ini membuat upaya adaptasi dan mitigasi belum terlaksana sepenuhnya. Kegiatan KKN di desa Jetis menjadikan sosialasi tentang adaptasi dan mitigasi perubahan iklim sebagai tujuan utama. Metode yang dipilih adalah forum group discussion dengan mengadakan lokakarya untuk mengukur perubahan pemahaman dilakukan pre dan posttest melalui kuis yang dibagikan diantara lokakarya. Hasilnya terdapat perubahan pemahaman dari awalnya 52 % berpemahaman rendah menjadi 70 % pemahaman tinggi. Dengan hasil uji 2 sampel beda kolmogorov smirnov memunculkan signifikasi 0,00 maka terdapat beda antara 2 kuis. Perbedaan ini muncul sebagai efk positif sosialisasi.

    Item Type: Article
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 29 Apr 2014 18:40
    Last Modified: 29 Apr 2014 18:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13955

    Actions (login required)

    View Item