PENDAMPINGAN PROGRAM POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA) DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PEMBANGUNAN BERBASIS SUMBERDAYA MANUSIA DI KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI

Ainurofiq, Ahmad and Nugroho, Harris W and Ajeng G.P, Dhea and Tri W, Gandes (2012) PENDAMPINGAN PROGRAM POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA) DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PEMBANGUNAN BERBASIS SUMBERDAYA MANUSIA DI KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk KKN Tematik POSDAYA yang dilakukan selama 1 bulan. POSDAYA merupakan forum silaturahmi, komunikasi, advokasi, dan wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu. Pelaksanaan KKN tematik POSDAYA dilakukan di kecamatan Banyudono. Penyusunan program POSDAYA dibagi dalam 5 bidang yaitu Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Lingkungan, dan Budaya. Tujuan dari KKN POSDAYA meliputi menghidupkan kegotongroyongan dalam masyarakat untuk membantu pemberdayaan secara terpadu, terbentuk struktur sosial masyarakat seperti keluarga yang rukun, damai, dengan dinamika yang tinggi dan terbentuknya lembaga sosial dengan partisipasi keluarga yang dinamis dan inovatif. Kegiatan KKN di Banyudono dibagi dalam 3 desa yaitu Desa Tanjung Sari, Desa Denggungan, dan Desa Ketaon. Pelaksanaan kegiatan di Desa Tanjung Sari meliputi: Minggu I melakukan pertemuan dan pendiskripsian program POSDAYA dengan pengurus POSDAYA, perencanaan kegiatan atau program yang akan dilaksanakan. Minggu II melakukan sosialisasi program yang akan dilaksanakan dengan pengurus POSDAYA, observasi limbah ternak ayam dan pendampingan PAUD yang terintegrasi dengan POSYANDU. Minggu ke III perencanaan dan pelaksanaan sosialisasi seks beresiko. Minggu ke IV perencanaan dan pelaksanaan keterampilan kreasi jilbab kepada ibu-ibu Posyandu dan pemetaan dengan pengurus POSDAYA. Pelaksanaan KKN POSDAYA di Desa Denggungan meliputi: Minggu I Posyandu untuk Balita dan Lansia, serta observasi bidang kewirausahaan karak tanpa boraks. Minggu ke II meliputi kegiatan perencanaan program beasiswa untuk anak kurang mampu dan perencanaan sosialisasi seks beresiko. Minggu ke III melakukan pelaksanaan sosialisasi seks beresiko dan observasi pencemaran limbah tempe. Minggu ke IV pelaksanaan penanaman sayuran dengan pemanfaatan lahan sempit dan kreasi jilbab ibu-ibu PKK. Pelaksanaan KKN POSDAYA di Desa Ketaon meliputi pelatihan pembuatan pupuk kompos dari sampah organik dan jerami, membantu memasarkan kue jagung khas dari desa Ketaon, sosialisasi dampak seks beresiko, membantu PAUD dan kunjungan Posyandu. Kata kunci: KKN POSDAYA, program kegiatan, Kecamatan Banyudono.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 29 Apr 2014 18:30
    Last Modified: 29 Apr 2014 18:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13949

    Actions (login required)

    View Item