Pendampingan Program Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan Melalui Pembangunan Berbasis Sumberdaya Manusia di Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali

Rochani, Siti (2014) Pendampingan Program Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan Melalui Pembangunan Berbasis Sumberdaya Manusia di Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Kata Kunci: Posdaya, Musuk, Ketrampilan Posdaya merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan melalui pembekalan maupun pendampingan ketrampilan bagi masyarakatnya. Program Posdaya ini meliputi lima pilar keluarga yakni Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Dewasa (BKD), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Bina Keluarga Cacat (BKC). Pelaksanaan program KKN Posdaya di Kecamatan musuk dilaksanakan di 3 Desa, yakni Desa Pusporenggo, Desa Musuk dan Desa Kebon Gulo. Beberapa program pendampingan dilaksanakan selama 1 bulan berlangsungnya masa KKN di Kecamatan Musuk. Kegiatan pemberdayaan dan pendampingan disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat di masing-masing desa. Untuk mengawali dilaksanakan pelatihan pembuatan administrasi Posdaya yang dilangsungkan dimasing-masing desa. Selain itu juga dilaksanakan pelatihan gunameningkatkan skill masyarakat desa sesuai dengan potensi yang dimiliki disetiap daerahnya. Pelatihan ketrampilan yang dilaksanakan yakni pengolahan sampah, serta jilbab kreasi yang dilaksanakan di desa pusporenggo. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan pelatihan yoghurt dan pembentukan paguyuban pengerajin bamboo di Desa Kebon Gulo. Selain pelatihan skill, dilakukan juga sosialisai pengetahuan terkait masalah kesehatan, lingkungan serta pendidikan. Kegiaan lain yang dapt terlaksana yakni pemetaan potensi maupun masyarakat di 3 Desa tempat berlangsungnya kegiatan Posdaya. Yang tujuannya untuk mengetahui potensi masing-masing desa serta permasalahan yang terjadi di masyarakat desa tersebut.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 29 Apr 2014 18:14
    Last Modified: 11 Oct 2016 19:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13941

    Actions (login required)

    View Item