PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK SISWA SMP

PINILIH, FITRIA WAHYU (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK SISWA SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (178Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Fitria Wahyu Pinilih. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK SISWA SMP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah menghasilkan instrumen penilaian produk pada pembelajaran IPA untuk siswa SMP yang memenuhi kriteria baik dan mengetahui hasil pengembangan instrumen penilaian produk pada pembelajaran IPA untuk siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu (1) tahap analisis (analysis), (2) tahap perencanaan (design), (3) tahap pengembangan (development), dan (4) tahap evaluasi (evaluation). Terdapat 4 reviewer yaitu 2 dosen ahli assessment, 2 guru Fisika, dan 2 peer reviewer yang terdiri dari mahasiswa pendidikan Fisika yang sedang melakukan penelitian tentang pengembangan instrumen penilaian proyek, dan mahasiswa pendidikan Fisika yang telah melakukan pengembangan instrumen tes diagnostik. Pada uji coba awal, subjeknya adalah 2 guru dan 5 siswa, uji coba lapangan adalah 3 guru dan 32 siswa. Sumber data berasal dari 2 dosen ahli sebagai reviewer, 2 guru Fisika sebagai reviewer, 2 mahasiswa pendidikan Fisika sebagai peer reviewer, dan 3 guru Fisika sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan penilaian menggunakan draft instrumen penilaian produk. Kuantisasi data angket dengan cara mengakumulasi skor yang diperoleh kemudian mengkategorikan pada 5 kategori yang digunakan oleh Sugiyono. Sedangkan kuantisasi data nilai produk siswa adalah dengan memformulasikan nilai seluruh siswa ke dalam persamaan reliabilitas inter-rater, kemudian diinterpretasikan kriterianya berdasarkan kategori yang dikembangkan oleh Fleiss. Simpulan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) penelitian pengembangan dilakukan dengan 4 tahap yang berpedoman pada model ADDIE, yaitu tahap analisis, perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan dan studi literatur tentang penilaian produk, pada tahap perencanaan dilakukan perencanaan produk dan penyusunan draft instrumen penilaian produk. Pada penyusunan draft instrumen penilaian dilakukan penelitian skala kecil untuk mengetahui sub aspek yang muncul dari produk siswa. Kemudian pada tahap pengembangan dilakukan penyempurnaan terhadap draft yang telah disusun pada langkah sebelumnya berdasarkan saran dan komentar dari reviewer dan peer reviewer. Tahap terakhir yaitu evaluasi dilakukan 3 kali, yakni uji validitas, uji coba awal, dan uji coba lapangan (2) hasil pengembangan menunjukkan kriteria kevalidan instrumen penilaian produk termasuk dalam kriteria sangat baik dan memiliki koefisien reliabilitas 0,98 sehingga memenuhi kriteria baik, valid, dan reliabel. Kata kunci: penilaian produk, siswa SMP ABSTRACT Fitria Wahyu Pinilih. THE DEVELOPMENT OF AN ASSESMENT PRODUCT INSTRUMENT ON SCIENCE LEARNING FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS.. Thesis, The Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University in Surakarta. July 2013. This study aims to know the procedures of producing assessment product instrument on science learning for junior high school students which meet good criteria and to know the result of the development of assessment product instrument on science learning for junior high school students. This research is a research and development that uses ADDIE model. This research was conducted in four step, namely (1) analysis, (2) planning, (3) development, and (4) evaluation. Subjects who used in the validity test of the instrument is 4 reviewers, 2 of them are expert assessments, while the other are teachers who teaching physics, and 2 peer reviewers consisting a student of physical education who are conducting research on the development instruments of the assessment based on project, and a student of physical education has been develop a diagnostic test instrument. At the beginning of trial subjects involved 2 teachers and 5 students,then in the field trial are 3 teachers and 32 students. Source of data derived from two expert as reviewer, two other physics teachers as reviewer, two physical education students as peer reviewers, and 3 physical teachers at SMP Negeri 1 Mojolaban as research subjects. Techniq of collecting data used questionnaires, interviews and assessment using the draft of instrument assessment products. Quantitation of questionnaire data by accumulating scores then categorized in 5 categories used by Sugiyono. While data which got from assesment used draft of instrument of assesment product were formulated into the inter-rater reliability equation, then interpreted in the criteria which developed by Fleiss. The conclusions of this research and development are: (1) research and development carried out with 4 stages based on the ADDIE model, namely analysis, planning, development, and evaluation. In analysis done by needs analysis and literature study on assessment product, planning done by planned the product of this research development and drafted instruments of assessment product. In preparation of drafted instruments, conducted a small-scale studies to determine the sub-aspects which arise from assessment product. Then in the development,repaired the draft of assessment product instrument based on suggestions, criticisms, and comments from the reviewer and peer reviewer. The last is evaluation, done 3 times, namely validity test, early trials, and field trials (2) the results of the development assessment product instruments indicate the validity of this instruments is very good and has 0,98 reliability coefficient that meets good criteria, valid, and reliable. Keywords : assessment product, junior high school students

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 29 Apr 2014 18:12
    Last Modified: 29 Apr 2014 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13937

    Actions (login required)

    View Item