PENDAMPINGAN PROGRAM POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA) DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PEMBANGUNAN BERBASIS SUMBERDAYA MANUSIA DI KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI

Sugihardjo, (2012) PENDAMPINGAN PROGRAM POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA) DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PEMBANGUNAN BERBASIS SUMBERDAYA MANUSIA DI KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Andong merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Boyolali. Penduduknya dapat dikatakan tidak terlalu padat yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan home industri bersklala kecil. Secara ekonomi, masyarakat Andong didominasi oleh kalangan menengah kebawah, sedangkan kehidupan sosialnya tergambar dari kegiatan gotong-royong. Kondisi sasaran posdaya di kecamatan Andong difokuskan di 3 desa yaitu Senggrong, Kedungdowo dan Pranggong. Pada masing-masing desa tersebut sudah terdapat Posdaya. Di desa Senggrong, Kedungdowo, dan Pranggong secara umum yang paling berjalan lancar adalah di bidang kesehatan, serta pendidikan. Adapun tujuan KKN tematik Posdaya adalah untuk melakukan indentifikasi pemaslahan Posdaya dan berusaha membantu dalam menyelesaikan permasalahan. Pelaksanaan KKN pendampingan posdaya ini dilakukan melalui pendampingan administrasi, serta dalam kegiatan posdaya, observasi data monografi kelurahan. Secara umum hambatan yang dihadapi dalam posdaya adalah banyak diantara warga masyarakat yang belum mengetahui dan paham betul mengenai posdaya serta generasi pemuda yang perlu penyuluhan tentang kesehatan. Dan selebihnya yang perlu ditingkatkan adalah kesadaran para pengurus posdaya untuk mengoptimalkan program keposdayaan.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 29 Apr 2014 18:01
    Last Modified: 29 Apr 2014 18:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13934

    Actions (login required)

    View Item