IMPLEMENTASI PROGRAM PENSIUN SEHAT SEJAHTERA SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEBUTUHAN NASABAH PENSIUNAN PADA PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) Tbk. KANTOR CABANG SURAKARTA

SAFITRI, RIZQI CAHYA (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM PENSIUN SEHAT SEJAHTERA SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEBUTUHAN NASABAH PENSIUNAN PADA PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) Tbk. KANTOR CABANG SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (388Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAKSI IMPLEMENTASI PROGRAM PENSIUN SEHAT SEJAHTERA SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEBUTUHAN NASABAH PENSIUNAN PADA PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL, TBK. KANTOR CABANG SURAKARTA Oleh: Rizqi Cahya Safitri F3610085 Seiring kompetisi yang semakin ketat, masyarakat kian kritis terhadap pelayanan yang diterima. Dalam kondisi demikian, hanya perusahaan yang mampu memberikan pelayanan berkualitas yang akan memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Untuk menciptakan pelayanan yang berkualitas perusahaan harus memperhatikan adanya tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility. PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Kantor Cabang Surakarta merupakan salah satu perusahaan yang menyadari peningkatan kualitas tersebut. Terlebih setelah adanya penerapan program Pensiun Sehat Sejahtera upaya tanggung jawab sosial semakin terlihat jelas. Layanan Kesehatan Pojok, Seminar Kesehatan, dan Pelatihan Kewirausahaan sebagai bagian dari ruang lingkupnya telah menerapkan corporate social responsibility kinerja dalam proses pelayanannya. Tujuan operasional penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan corporate social responsibility kinerja PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Kantor Cabang Surakarta. Penelitian ini juga bermanfaat sebagai bahan masukan sekaligus evaluasi bagi PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Kantor Cabang Surakarta dalam upaya corporate social responsibility kinerja berikutnya. Metodologi yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif, yaitu tulisan yang berisikan paparan dan uraian tentang suatu obyek sebagaimana adanya pada saat penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pembahasan yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif dan metode kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Kantor Cabang Surakarta tidak hanya menyediakan solusi keuangan bagi para pensiunan, namun juga peduli dan memberikan layanan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan para pensiunan, yaitu kesehatan, spiritual, dan kekeluargaan. Untuk pengembangan corporate social responsibility PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Kantor Cabang Surakarta telah berjalan dengan baik dengan adanya layanan kesehatan pojok, seminar kesehatan, dan pelatihan kewirausahaan yang diikuti sehingga secara berkesinambungan kualitas pelayanan tanggung jawab sosial perusahaan dapat tercapai. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Kantor Cabang Surakarta ABSTRACT IMPLEMENTATION OF HEALTHY PROSPEROUS RETIREMENT PROGRAM AS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TO THE PENSIONS CUSTOMER NEEDS IN PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL TBK. BRANCH OFFICE OF SURAKARTA By: Rizqi Cahya Safitri F3610085 Along with the strict competition, the society more critical to the services received. In such a case, only companies that can provide quality services that will get public trust. To create a quality service, company should pay attention to the corporate social responsibility. PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Branch Office of Surakarta is one of the companies that realize the quality improvement. Especially after the implementation of Healthy Prosperous Retirement program as social responsibility efforts become increasingly apparent. Health Services Corner, Health Seminar, and Training Entrepreneurship as part of its scope have adopted performance corporate social responsibility in the services process. Operational objective of this study was to determine how the application of performance corporate social responsibility in PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Branch Office of Surakarta. This study is also useful as an input and evaluation for PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Branch Office of Surakarta in the next performance corporate social responsibility efforts. The methodology used in research is descriptive method, that containing exposure and description of an object as at the time of the study. Types of data used are primary and secondary data. Discussion methods used qualitative descriptive methods and literature methods. The research results are PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Branch Office of Surakarta not only provides financial solutions for retirement, but also care and provide the best services according to the pensions needs, namely health, spiritual, and familial. For the development of corporate social responsibility of PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Branch Office of Surakarta has gone well with the health service corner, health seminars, and entrepreneurship training that sustainable followed so the service quality of corporate social responsibility can be achieved. Keywords: Corporate Social Responsibility, PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk. Branch Office of Surakarta

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 28 Apr 2014 23:54
    Last Modified: 28 Apr 2014 23:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13910

    Actions (login required)

    View Item