Pelatihan Penanganan Siswa Berkesulitan Belajar bagi Guru Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Karanganyar

Subagya, and Hermawan, and Priyono, (2012) Pelatihan Penanganan Siswa Berkesulitan Belajar bagi Guru Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Karanganyar. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk : 1) Memberikan alternatif metode penanganan anak dengan kesulitan belajar membaca oleh guru sekolah mitra; 2) Tertanganinya (remediasi) siswa dengan kesulitan belajar membaca oleh para guru yang telah terlatih. Pengabdian ini dilaksanakan di SDN Bejen 1 Karanganyar dan SDN 03 Suruh Tasikmadu Karanganyar. Subyek pengabdian adalah guru-guru SDN Bejen 1 Karanganyar dan SDN 03 Suruh Tasikmadu Karanganyar. Pelaksanaan program ini diawali dengan kegiatan orientasi awal, pre –tes, dilanjutkan dengan pelatihan tahap 1 tentang penanganan kemampuan mengenal dan membaca minimal 10 variasi suku kata; pelatihan tahap 2 tentang penanganan kemampuan mengenal dan membaca minimal 10 kata dalam bacaan; pelatihan tahap 3 tentang penanganan kemampuan mengenal dan membaca minimal 5 kalimat dalam bacaan; dan pelatihan tahap 4 tentang penanganan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan. Berdasarkan hasil pengabdian dapat disimpulkan (I) Pelatihan yang dilakukan dalam pengabdian ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menangani siswa berkesulitan belajar spesifik khususnya siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan di SDN 01 Bejen Karanganyar dan SDN 03 Suruh Tasikmadu Karanganyar. dan (2) Pelaksanaan pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan guru-guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai pretest dan posttes untuk penguasaan materi asesmen anak berkesulitan belajar dari 20,4 menjadi 27,3, naik 36 %; dan untuk nilai strategi penanganan anak berkesulitan belajar dari 19 menjadi 29,2, naik 56 %.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 28 Apr 2014 18:48
    Last Modified: 28 Apr 2014 18:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13890

    Actions (login required)

    View Item