Pengembangan Model Evaluasi Diri Sekolah Inklusi untuk Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah dan Guru Guna Mewujudkan Kualitas Layanan Pendidikan Non Diskriminatif

Yusuf, Munawir and Munzayanah, and R. Indianto, (2012) Pengembangan Model Evaluasi Diri Sekolah Inklusi untuk Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah dan Guru Guna Mewujudkan Kualitas Layanan Pendidikan Non Diskriminatif. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan menghasilkan model evaluasi diri sekolah inklusi dalam rangka meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif secara berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dengan pendekatan Research and Development (R & D) dalam dua tahap. Penelitian tahap I bertujuan mengetahui tingkat kinerja kepala sekolah dan guru SD dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif, serta mengidentifikasi ‘content’ untuk materi penyusunan panduan evaluasi diri sekolah inklusi yang dibutuhkan kepala sekolah dan guru. Penelitian tahap II menyusun dan menguji cobakan model panduan evaluasi diri sekolah inklusi. Tulisan ini merupakan ringkasan penelitian tahap pertama. Penelitian ini dilaksanakan di 51 SD Inklusi Kota Surakarta, Kab. Karanganyar, Kab. Sukoharjo, dan Kab.Boyolali, dengan subyek Kepala Sekolah 51 responden, dan Guru sejumlah103 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan diolah secara statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut : (1) Kinerja kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif berada dalam kategori sedang dan tinggi. (2) Kinerja guru kelas dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif berada dalam kategori sedang dan rendah. (3) ‘Content’ materi evaluasi diri sekolah inklusi yang disetujui kepala sekolah ada 61 butir ( 96,8%) dan tidak disepakati ada 2 butir ( 3,2%). (4) ‘Conten’ materi evaluasi diri sekolah inklusi yang disetujui guru ada 39 butir (81,25%) dan tidak disepakati ada 9 butir (18,75%).

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 28 Apr 2014 17:57
    Last Modified: 28 Apr 2014 17:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13870

    Actions (login required)

    View Item