Evaluasi Kinerja Keuangan Pasca Penetapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU) : Studi pada Universitas Sebelas Maret Surakarta

Muhtar, and Hindrayani, Aniek and Totalia, Salman Alfarisy (2012) Evaluasi Kinerja Keuangan Pasca Penetapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU) : Studi pada Universitas Sebelas Maret Surakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (40Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kesulitan dalam implementasi PPK-BLU pada masing-masing unit kerja UNS, mengurangi kesenjangan pencapaian kinerja antar unit kerja, menganalisis kinerja keuangan pasca PPK-BL, dan menyusun pedoman evaluasi kinerja keuangan dengan PPK-BLU serta pedoman penentuan skala prioritas indikator kegiatan produktif. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian bertahap selama dua tahun. Metoda pada tahun pertama (2012) adalah, (1) mengidentifikasi kesulitan dalam implementasi PPK-BLU baik dari pengajuan usulan kegiatan, pencairan dana, maupun pertanggungjawaban; (2) mengukur kinerja keuangan dengan PPK-BLU secara statistik menggunakan analisis varian dan rank test; dan (3) menyusun dokumen evaluasi kinerja keuangan dengan PPK-BLU. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah laporan keuangan sebelas unit kerja di lingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Teknik Pengumpulan Data melalui survey untuk memperoleh data primer, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Data sekunder diperoleh melalui survey pada Unit Keuangan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Teknik Pengolahan Data menggunakan Anova one way, analisis trend, dan rank test. Hasil pengumpulan data primer diperoleh 36% tingkat pengembalian kuisioner dari keseluruhan kuisioner yang dibagi. Responden sebagai sampel adalah penanggungjawab keuangan di unit kerja, dalam hal ini adalah Pembantu Dekan II, Asdir II, dan Kepala Bagian Keuangan. Data sekunder berupa anggaran dan capaian kinerja pada masing-masing unit kerja tahun 2009 – Juni 2012. Hasil penelitian pada tahun pertama adalah sebagai berikut: 1. Identifikasi kesulitan dalam implementasi PPK-BLU dalam: a. Pengajuan usulan kegiatan, yaitu (1) dalam penyusunan term of refference, 50% responden mengalami kesulitan dalam menetapkan sub kegiatan, 30% responden mengalami kesuitan dalam menetapkan jumlah dana dalam pendanaan kegiatan. 35% responden mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi permasalahan dalam kegiatan, 55% mengalami kesulitan dalam menetapkan indikator kinerja dan anggaran belanja. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam penyusunan term of refference, sehingga direkomendasikan untuk diberikan pelatihan secara intensif. (2) dalam merencanakan bisnis anggaran, 65% responden masih mengalami kesulitan dalam menyesuaikan rencana kegiatan ke dalam jenis kegiatan dan menyusun rincian rencana anggaran pada masing-masing K. Dengan demikian yang terjadi adalah terdapat beberapa K yang sama dalam beberapa program kegiatan, sehingga sulit untuk diidentifikasi K yang dimaksud merupakan bagian dari program kegiatan yang mana. Untuk mengatasi hal tersebut, direkomendasikan untuk ditetapkan urutan K pada masing-masing Program secara lebih jelas dan tepat. (3) dalam menyusun cost structure analysis, 45% responden mengalami kesulitan dalam menetapkan jenis belanja baik itu Biaya Langsung, maupun Biaya Tidak Langsung. Sedangkan 55% responden sulit dalam menetapkan rincian biaya pada satuan dan frekuensi. Serta 25% masih terdapat kesulitan dalam mengidentifikasi rincian biaya tarif berdasarkan SK Rektor tentang Tarif atau Standar Biaya Umum. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk dibuat standar satuan dalam masing-masing kegiatan, dan mensosialisasikan kembali SK Rektor secara lebih jelas dan transparan dengan contoh-contoh implementasi kegiatan. b. Implementasi dalam Pencairan Dana, hasil respon secara terbuka, tentang kesulitan dalam pencairan dana adalah sebagai berikut: (1) prosedur pencairan dana melalui proses birokrasi yang terlalu panjang (2) waktu tunggu dalam pencairan dana terlalu lama, (3) terdapat jeda waktu pencairan dana dan pelaksanaan kegiatan, sehingga mengakibatkan tertundanya pelaksanaan kegiatan, dan (4) adanya batasan jumlah dana yang dapat dicairkan, yang berakibat tertundanya kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada saat yang sama. Direkomendasikan untuk dibuat mekanisme pencairan dana secara lebih mudah dan cepat. c. Implementasi dalam Pertanggungjawaban, 45% responden mengalami kesulitan dalam kesesuaian bukti pembayaran dengan rincian biaya yang diajukan dalam hal harga satuan (tarif). 36% responden mengalami kesulitan dalam identifikasi objek pajak dengan tarif pajak, dan 28% kesulitan pada ketersediaan bukti setoran pajak, serta 78% kesulitan pada ketersediaan laporan kegiatan. Tingginya kesulitan dalam ketersediaan laporan kegiatan menunjukkan bahwa koordinasi tim dalam setiap pelaksanaan kegiatan belum sempurna, sehingga setiap kali melakukan kegiatan, belum dapat disertai dengan laporan kegiatan secara fisik. Direkomendasikan untuk lebih menekankan pada setiap unit kerja tentang pentingnya ketersediaan laporan kegiatan, sebagai dokumentasi setiap kegiatan. 2. Hasil perhitungan statistik kinerja keuangan PPK-BLU Data yang diperlukan untuk menyusun evaluasi kinerja per unit kerja secara rinci tidak tersedia. Masih terdapat beragam model kinerja pada setiap unit kerja, sehingga tidak dapat diperbandingkan diantara setiap unit kerja. Oleh karena keterbatasan data tersebut, maka peneliti menggunakan data Laporan Kinerja Program dan Kegiatan UNS tahun 2009, 2010, dan 2011. Selain itu, peneliti juga menggunakan data Daya Serap Anggaran/Realisasi Dana pada setiap unit kerja tahun 2009, 2010, dan 2011. Hasil analisis statistik berdasar data Laporan Kinerja Program dan Kegiatan UNS tahun 2009-2011, yaitu (1)tidak terdapat perbedaan signifikans antara belanja dan output, target per tahun, realisasi per tahun, dan belanja per tahun, (2) terdapat perbedaan signifikans antara target dengan realisasi per tahun, realisasi berdasar sumber dana, target berdasar sumber dana, dan output per tahun. Berdasar data DayaSerap Anggaran per Unit Kerja tahun 2009-2011, (1) daya serap terbesar tahun 2009 adalah Fakultas Ekonomi, (2) daya serap terbesar tahun 2010 adalah Fakultas Kedokteran, dan (3) daya serap terbesar tahun 2011 adalah FISIP, dan (4) daya serap tahun 2012 sampai bulan Juni secara berturut-turut adalah Fakultas Matematika dan IPA (100,81%), unit Kantor Pusat (99,88%), Fakultas Sastra dan Seni Rupa (75,55%), Fakultas Pertanian (70,32%), Fakultas Teknik (61,37%), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (59,23%), Fakultas Hukum (52,68%), Program Pasca Sarjana (51,58%), Fakultas Ekonomi (46,10%), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (36,09%), dan Fakultas Kedokteran (12,92%). Direkomendasikan sebagai berikut, (1) perlu penyusunan data base terintegrasi pada setiap unit kerja, (2) perlu penetapan pedoman penyusunan RBA berbasis Renstra, (3) perlu sistem terpadu untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja keuangan PPK BLU. 3. Dokumentasi evaluasi kinerja keuangan PPK-BLU Peneliti telah mendokumentasikan data kinerja keuangan pada setiap unit kerja yang sebelumnya belum tertata sesuai dengan urutan program dan kegiatan sehingga mempermudah untuk dilakukan analisis mendalam. Peneliti telah mendokumentasikan data laporan kinerja program dan kegiatan setiap unit kerja, meskipun belum terdapat keseragaman model laporan pada setiap unit kerja. Peneliti telah mendokumentasikan data daya serap anggaran setiap unit kerja, secara rinci per mata kegiatan, guna mengidentifikasi mata kegiatan yang produktif sebagai dasar dalam menentukan skala prioritas kegiatan yang akan ditetapkan pada penelitian tahun ke dua.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 28 Apr 2014 17:55
    Last Modified: 28 Apr 2014 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13869

    Actions (login required)

    View Item