Model Inventaris Kantor Digital Berdasar Kebutuhan Civitas Akademika di Universitas Sebelas Maret

Sutaryadi, and Subarno, Anton and Ign Wagimin, (2012) Model Inventaris Kantor Digital Berdasar Kebutuhan Civitas Akademika di Universitas Sebelas Maret. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Penelitian ini diarahkan untuk memperoleh sebuah model inventaris kantor digital. Tujuan inventarisasi adalah kesempurnaan pengurusan & pengawasan tata usaha keuangan negara dan tercapainya pengawasan yang efektif terhadap keuangan/ kekayaan negara.Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengidentifikasi informasi yang harus sajikan dalam sistem inventaris kantor digital , (b) mengidentifikasi permasalahan dalam inventaris manual, (c) menemukan kriteria-kriteria desain inventaris kantor digital, (d) menemukan model inventaris kantor digital, (e) menemukan pedoman konkrit inventaris kantor digital Model inventaris digital ini mengadopsi model digital library, dimana data yang diinformasikan pada barang inventaris mengacu pada informasi data dokumen dalam perpustakaan. Item dalam digital library tesebut di mintakan pendapat kepada responden yaitu sivitas akademika secara purposive sampling dengan proporsi tiga responden dari mahasiswa, tiga responden dari dosen, tiga responden dari karyawan disetiap fakultas ditambah karyawan kantor pusat. Setelah mengkaji secara teoritis dan observasi kelapangan dengan pihak terkait, ternyata pihak UMKAP UNS sudah memiliki sistem baru dari departemen keuangan yang namankan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negera (SIMAK-BMN). SIMAK-BMN adalah subsistem dari SAI yang merupakan rangkaian prosedur yang saling berhubungan untuk mengolah dokumen sumber dalam rangka menghasilkan informasi untuk penyusunan neraca dan laporan BMN serta laporan manajerial lainnya sesuai ketentuan yang berlaku. Meskipun sudah ada SIMAK-BMN, penelitian ini tidak bermaksud menyaingi ataupun mengubah sistem yang telah ada, tetapi bermaksud melengkapi dari sistem yang telah ada dengan cara membuat sistem sederhana guna membantu mengontrol penggunaan barang inventaris sesuai dengan keingian sivitas akademika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain model inventaris kantor digital meliputi tiga aspek yaitu desain database, mitra kerjasama, dan spesifikasi barang inventaris. Desain database meliputi: tampilan mudah dikenali, status pengguna mudah diketahui, menu sesuai dengan keadaan kantor, terstandar dan konsisten, memperkecil tingkat kesalahan, mendiagnosa kesalahan. Mitra kerja sama meliputi: identitas perusahaan pembuat, distributor, tanggal pembelian, deskripsi fisik barang, bahasa operasional, hubungan mitra kerjasama, bukti mitra kerja. Spesifikasi barang inventaris meliptui: harga, jumlah, tanggal penerimaan, jadwal pemeliharaan, identitas pengguna, kode lokasi, kode universitas, kode barang, nomor catat, kode bagian. Kelebihan penggunaan model ini adalah kemudahan dalam mengontrol perawatan barang inventaris, mulai dari tactical planning, operative planning sampai dengan execution khususnya perawatan peralatan kantor.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 28 Apr 2014 17:52
    Last Modified: 28 Apr 2014 17:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13868

    Actions (login required)

    View Item