Pengembangan Media Pembelajaran CAD sebagai Penunjang Perkuliahan Pendidikan Teknik Bangunan dan Pembelajaran SMK Jurusan Bangunan

Setiawan, Abdul Haris and A.G. Tamrin, and Efendi, Agus and Roemintoyo, (2012) Pengembangan Media Pembelajaran CAD sebagai Penunjang Perkuliahan Pendidikan Teknik Bangunan dan Pembelajaran SMK Jurusan Bangunan. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran CAD (computer Aided Design) menggambar bangunan gedung menggunakan program aplikasi komputer di berbagai jenjang pendidikan (Perguruan tinggi dan SMK Bangunan) membutuhkan perhatian khusus. Tujuan penelitian untuk (1) pengembangan media pembelajaran CAD untuk perkuliahan Prodi PTB dan pembelajaran SMK Jurusan Bangunan yang layak, (2) mengetahui apakah hasil perancangan media pembelajaran CAD dapat menunjang Perkuliahan Pendidikan Teknik Bangunan dan Pembelajaran SMK Jurusan Bangunan, (3) Penerapan media pembelajaran CAD pada model pembelajaran di kelas dengan beberapa model pembelajaran yang berbeda. Metode penelitian menggunakan gabungan dari beberapa Metode penelitian yang dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan tahapan pelaksanaannya. Metode yang digunakan antara lain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model Pengembangan yang dipakai adalah model prosedural yang bersifat deskriptif yang dilaksanakan pada tahap awal dengan mengembangkan media pembelajaran CAD. Tahap berikutnya adalah metode action research (PTK), merupakan penerapan media dengan berbagai model pembelajaran yang disesuaikan dengan media CAD. Selanjutnya tahap survey yang dilaksanakan secara kuantitatif sebagai justifikasi penggunaan media di masyarakat/institusi pendidikan dengan beberapa pendekatan. Hasil penelitian tahap I: (1) Pengembangan media pembelajaran CAD dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di Prodi PTB dan di SMK; (2) Hasil pengembangan media pembelajaran CAD dapat menunjang Perkuliahan Pendidikan Teknik Bangunan dan Pembelajaran SMK Jurusan Bangunan, (3) Penerapan media pembelajaran CAD pada model-model pembelajaran di kelas di SMK dapat meningkatkan hasil belajar.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 28 Apr 2014 17:44
    Last Modified: 28 Apr 2014 17:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13865

    Actions (login required)

    View Item