Tingkat Pencapaian Tugas-Tugas Perkembangan Siswa Ditinjau dari Berbagai Faktor yang Mempengaruhinya, pada Siswa-Siswa SMP Negeri di Kota Surakarta Tahun 2012

Soeharto, and Mardiyati, Siti and Djannah, Wardatul and Muslim, Mudaris (2012) Tingkat Pencapaian Tugas-Tugas Perkembangan Siswa Ditinjau dari Berbagai Faktor yang Mempengaruhinya, pada Siswa-Siswa SMP Negeri di Kota Surakarta Tahun 2012. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa (2) Mengetahui kontribusi setiap faktor yang dapat mempengaruhi tugas-tugas perkembangan siswa terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa (3) Mengetahui rumusan strategi yang tepat dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling agar siswa dapat menguasai tugas perkembangan secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di kota Surakarta. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta, SMP Negeri 5 Surakarta, SMP Negeri 7 Surakarta, dan SMP Negeri 8 Surakarta, dan teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampel. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan Inventori Tugas Perkembangan dan angket. Validitas angket menggunakan professional judgement dan validitas empiris. Sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown. Analisis data untuk hipotesis pertama dan hipotesis kedua menggunakan t-test yang kemudian menggunakan pengujian hipotesis uji satu fihak (One Tail Test) dengan uji fihak kiri, dan hipotesis ketiga menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan memanfaatkan aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa kelas VIII di SMP Negeri Surakarta rata-rata skor yang diperoleh adalah lebih dari 35 (≥35). Tugas-tugas perkembangan yang dicapai siswa kelas VIII SMP terdapat pada tingkat perlindungan diri, tingkat konformistik, tingkat sadar diri, dan tahap seksama.(2) Faktor pendukung pencapaian tugas-tugas perkembangan antara lain: siswa merasa bersyukur dengan yang siswa miliki sekarang, siswa mengetahui perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan, siswa percaya setiap permasalahan ada penyelesaiannya dan sebagainya, sedangkan faktor yang menghambat antara lain: siswa merasa takut salah ketika berhadapan dengan orang banyak, siswa kurang dapat mengendalikan emosi, siswa tidak bisa membagi waktu, dan lain sebagainya. Kontribusi faktor-faktor yang mempengaruhi tugas-tugas perkembangan siswa terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa kelas VIII SMP di Surakarta sebagai berikut: (a) Kontribusi pola asuh orang tua pada siswa terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 19,7%. (b) Kontribusi Keharmonisan Keluarga terhadap Tingkat Pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 19,5%. (c) Kontribusi Bimbingan Orang Tua terhadap Tingkat Pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 19,4%. (d) Kontribusi Persepsi Siswa akan manfaat layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Tingkat Pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 17,2%. (e) Kontribusi kehidupan keberagamaan dalam keluarga terhadap Tingkat Pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 19,9%. (f) Kontribusi perhatian Orang Tua pada Siswa terhadap Tingkat Pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 46,9%. (g) Kontribusi kondisi lingkungan masyarakat terhadap Tingkat Pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 87%. (3) Rumusan strategi yang tepat dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling agar siswa dapat menguasai tugas-tugas perkembangan secara optimal yaitu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian tugas-tugas perkembangan bukan hanya mengacu pada program yang telah disusun.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 28 Apr 2014 17:37
    Last Modified: 28 Apr 2014 17:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13863

    Actions (login required)

    View Item