Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD terhadap Hasil Belajar P IPS SD Ditinjau dari Kreativitas Belajar Mahasiswa PGSD FKIP UNS Tahun 2012

Sadiman, and Samidi , and Mahfud, Hasan (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD terhadap Hasil Belajar P IPS SD Ditinjau dari Kreativitas Belajar Mahasiswa PGSD FKIP UNS Tahun 2012. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan Kooperatif STAD terhadap hasil belajar P IPS, (2) Ada tidaknya pengaruh kreativitas belajar mahasiswa terhadap hasil belajar P IPS SD, dan (3) Ada tidaknya pengaruh interaksi model pembelajaran dan kreativitas belajar mahasiswa terhadap hasil belajar P IPS SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V PGSD FKIP UNS Surakarta. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sebanyak 72 mahasiswa yang terdiri 2 kelas, 1 kelas untuk pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan 1 kelas untuk pembelajaran Kooperatif STAD. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variable kreativitas belajar mahasiswa, serta dengan teknik tes untuk hasil belajar P IPS SD. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalan dengan desain faktorial 2x2. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan pengujian hipotesis pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05) dengan uji Tests of Between-Subjects Effects diperoleh: 1) P-value =0,004. Nilai P-value<taraf signifikansi 5% ( =0,05) hipotesis ditolak, artinya ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dan STAD terhadap hasil belajar P IPS. 2). P-value=0,000. Nilai P-value<taraf signifikansi 5% ( =0,05) hipotesis diterima, artinya tidak ada pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar mahasiswa. dan 3). P-value=0,027. Nilai Pvalue< taraf signifikansi 5% ( =0,05) hipotesis ditolak, artinya ada interaksi pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dan STAD dengan kreativitas terhadap hasil belajar P IPS mahasiswa. Simpulan :Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan Kooperatif tipe STAD berpengaruhi secara signifikan terhadap hasil belajar P IPS.Tidak ada pengaruh bagi mahasiswa yang memiliki kreativitas tinggi maupun rendah terhadap hasil belajar P IPS SD. Terdapat interaksi pengaruh pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD dengan kreativitas belajar terhadap hasil belajar P IPS SD.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 28 Apr 2014 17:29
    Last Modified: 28 Apr 2014 17:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13860

    Actions (login required)

    View Item