PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN PREMULUNG.

Apriyati, Hartina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM KELAS V SDN PREMULUNG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (220Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian tindakan kelas yang dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi peristiwa alam kelas V SDN Premulung melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Subjek yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SDN Premulung No. 94 Sondakan Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 40 siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi data dan trianggulasi metode. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada pretest adalah 61,5 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 42,5%. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat menjadi 76 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 77,5%. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat lagi menjadi 84,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 97,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi peristiwa alam kelas V SDN Premulung No. 94 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament, hasil belajar IPA, peristiwa alam.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 26 Apr 2014 22:39
    Last Modified: 26 Apr 2014 22:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13833

    Actions (login required)

    View Item