PENGARUHMULTIMEDIA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETRAMPILAN MATA KULIAH KEBUTUHAN DASAR MANUSIA

Sapriyadi, Nur Mohammad (2014) PENGARUHMULTIMEDIA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETRAMPILAN MATA KULIAH KEBUTUHAN DASAR MANUSIA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (160Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Ketrampilan dalam mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia dianggap sebagai hal yang esensi di keperawatan karena untuk menunjang dalam praktek klinik keperawatan. Tujuan: Secara umum untuk mengetahui pengaruh media multimedia dan motivasi belajar terhadap ketrampilan mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia. Tujuan khusus mengetahui: a. perbedaan antara kelompok mahasiswa yang mendapat pembelajaran menggunakan multimedia dengan yang menggunakan media konvensional. b. perbedaan antara kelompok mahasiswa yang motivasi tinggi dan yang rendah. c. interaksi pengaruh pembelajaran dengan multimedia dengan motivasi dalam ketrampilan mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia. Metode. Penelitian ini adalah Quasi Experimental. Subyek penelitian Mahasiswa Prodi S1 Keperawatan Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi. Sampel dari semester III terdiri dari 67 Mahasiswa. Teknik sampling adalah Total Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan ceklist. Analisa data menggunakan ANAVA AB dengan taraf signifikasi 0,005. Hasil Penelitian. Hasil analisis pengaruh media pembelajaran multimedia terhadap ketrampilan mata kuliah KDM , diperoleh harga Fhitung 10,007 pada taraf signifikansi 0,00<0,05, menunjukkan hipotesa nol ditolak dan menerima hipotesa alternatif. Hasil analisis pengaruh motivasi belajar terhadap ketrampilan mata kuliah Kebutuhan Dasar Manuasia diperoleh Fhitung sebesar 36,723 pada taraf signifikansi 0.00<0,05. Menunjukkan hipotesa nol ditolak dan menerima hipotesa alternatif. Hasil analisis interaksi pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap ketrampilan mata kuliah Kebutuhan Dasar Manuasia diperoleh Fhitung sebesar 10,459 pada taraf signifikansi 0.01<0,05 menunjukkan hipotesa nol ditolak dan menerima hipotesa alternatif. Kesimpulan. 1.Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan multimedia dengan yang menggunakan media sederhana terhadap ketrampilan mata kuliah Kebutuhan Dasar Manuasia. 2. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang motivasi tinggi dan yang rendah ketrampilan pada mata kuliah Kebutuhan Dasar Manuasia. 3. Ada interaksi pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia dengan motivasi mahasiswa terhadap ketrampilan mata kuliah Kebutuhan Dasar Manuasia. Kata Kunci: Media Pembelajran Multimedia, Motivasi, Ketrampilan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 26 Apr 2014 22:13
    Last Modified: 26 Apr 2014 22:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13823

    Actions (login required)

    View Item