PEMANFAATAN KATALOG ONLINE (OPAC) MELALUI SOFTWARE SIPRUS SEBAGAI ALAT PENELUSURAN INFORMASI DI PUSAT PERPUSTAKAAN IAIN SURAKARTA.

Yuliani, Erni (2014) PEMANFAATAN KATALOG ONLINE (OPAC) MELALUI SOFTWARE SIPRUS SEBAGAI ALAT PENELUSURAN INFORMASI DI PUSAT PERPUSTAKAAN IAIN SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (303Kb) | Preview

    Abstract

    Erni Yuliani, D1810030, 2013. PEMANFAATAN KATALOG ONLINE (OPAC) MELALUI SOFTWARE SIPRUS SEBAGAI ALAT PENELUSURAN INFORMASI DI PUSAT PERPUSTAKAAN IAIN SURAKARTA. Tugas Akhir. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kuliah Kerja PUSDOKINFO yang dilaksanakan di Pusat Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Surakarta ini untuk memenuhi Tugas Akhir Program Diploma III Perpustakaan FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta 2013. Pelaksanaan Kuliah Kerja PUSDOKINFO ini dilaksanakan tanggal 1 Februari – 22 Maret 2013. Penelusuran informasi melalui katalog online atau OPAC saat ini banyak dikembangkan di perpustakaan perguruan tinggi salah satunya di Pusat Perpustakaan Institut Agama Islam Surakarta. Adapun tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui proses penelusuran informasi menggunakan OPAC di Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Dalam penulisan Tugas Akhir ini untuk memperoleh data dan informasi, penulis menggunakan beberapa metode diantaranya; metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dalam Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penelusuran Informasi menggunakan OPAC SIPRUS dapat dilakukan dengan cara mengisi kata kunci, menentukan kategori, klik memilih salah satu bank data, lalu klik pencarian. 2) Hambatan yang mungkin dijumpai salah satunya adalah kesalahan dalam memasukkan kata kunci. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pengguna harus teliti dalam memasukkan kata kunci sedangkan pustakawan harus teliti pada saat meng-input data pada software SIPRUS. 4) Kekurangan dalam proses penelusuran informasi. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kemajuan Pusat Perpustakaan Institut Agama Islam Surakarta, diantaranya adalah: 1) Untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik sebaiknya ditambahkan genset. 2) Koleksi buku diurutkan sesuai dengan abjad dan nomor urut klasifikasi seperti aturan yang berlaku ketika melakukan shelving. 3) Pustakawan pada saat input data seharusnya meneliti apakah data yang di input sudah lengkap atau belum. Kata kunci : Penelusuran informasi, SIPRUS, Katalog online.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 26 Apr 2014 22:05
    Last Modified: 26 Apr 2014 22:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13819

    Actions (login required)

    View Item