PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MI Al-Islam 1 Ngesrep Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013).

Restiyani, Dwi (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MI Al-Islam 1 Ngesrep Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (270Kb) | Preview

    Abstract

    Dwi Restiyani. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MI Al-Islam 1 Ngesrep Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match pada siswa kelas V MI Al-Islam 1 Ngesrep, Ngemplak, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 23 siswa kelas V MI Al-Islam 1 Ngesrep, Ngemplak, Boyolali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rerata nilai kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar siswa dan ketuntasan klasikal. Rata-rata kemampuan mengidentifikasi siswa adalah 57,8 pada pratindakan, 80,30 pada siklus I, dan 83,78 pada siklus II. Sementara itu, ketuntasan klasikalnya adalah 26,09% pada pratindakan, 73,91% pada siklus I, dan 91,30% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui model kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V MI Al-Islam 1 Ngesrep, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Kata Kunci: Make A Match, kemampuan, mengidentifikasi, sifat-sifat bangun datar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 26 Apr 2014 21:18
    Last Modified: 26 Apr 2014 21:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13791

    Actions (login required)

    View Item