PENYUSUNAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN ANALISIS GRAFIK MATERI GERAK UNTUK SMP KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012

Erlina, Hanif Yun (2013) PENYUSUNAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN ANALISIS GRAFIK MATERI GERAK UNTUK SMP KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (622Kb) | Preview

    Abstract

    Hanif Yun Erlina. K2308089. PENYUSUNAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN ANALISIS GRAFIK MATERI GERAK UNTUK SMP KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2013. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menyusun instrumen tes terstandar yang terdiri dari soal-soal pilihan ganda berbentuk grafik untuk mata pelajaran Fisika materi Gerak di SMP. (2) Mengukur kemampuan kognitif siswa untuk analisis grafik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif didapatkan melalui uji coba tes kepada siswa sebanyak 2 kali, yaitu uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Uji kelompok kecil dilakukan dengan subyek coba 71 orang siswa dan uji kelompok besar dilakukan dengan subyek coba 91 orang siswa SMP Negeri 1 Pedan. Hasil tes kemudian diolah dengan menggunakan Program ITEMAN. Tes kemampuan analisis grafik materi Gerak untuk SMP kelas VII semester genap yang disusun ini mencakup materi Gerak Lurus untuk semester genap. Penyusunan instrumen diawali dengan pemilihan judul tes, penentuan tujuan tes, dan penentuan indikator. Peyusunan kisi-kisi juga diperlukan, disusun sesuai dengan kurikulum dari Depdiknas untuk kelas VII. Tes kemampuan analisis grafik yang telah disusun selanjutnya dilakukan validasi sehingga didapatkan instrumen tes yang sesuai dengan karakteristik tes Fisika yang baik. Instrumen tes yang disusun memenuhi validitas isi, reliabilitas tes tergolong tinggi yaitu memiliki reliabilitas . Daya beda menunjukkan hasil tergolong diterima, yaitu berkisar . Taraf kesukaran soal tergolong sedang, yaitu berkisar dan pengecoh masuk dalam kriteria baik. Dari hasil penelitian didapatkan instrumen tes kemampuan analisis grafik yang disusun berdasarkan Kompetensi Dasar “Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari”. Kompetensi Dasar tersebut merupakan penjabaran dari Standar Kompetensi “Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan dalam kehidupan sehari-hari”. Dari penyusunan instrumen tes kemampuan analisis grafik materi Gerak untuk SMP kelas VII semester genap tahun ajaran 2011/2012 dihasilkan seperangkat soal yang seluruhnya berjumlah 42 soal yang berkualitas baik, karena telah memenuhi standar telaah kualitatif, dan telaah kuantitatif mengenai reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas distraktor.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:45
    Last Modified: 03 May 2014 18:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13785

    Actions (login required)

    View Item