PENGGUNAAN MEDIA FLANELGRAF DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KEWANGUNAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Asriyani, . (2014) PENGGUNAAN MEDIA FLANELGRAF DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KEWANGUNAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (534Kb) | Preview

    Abstract

    Asriyani. PENGGUNAAN MEDIA FLANELGRAF DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KEWANGUNAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2012. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penggunaan media flanelgraf yang dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IV SDN 1 Kewangunan pada Tahun Ajaran 2011/2012; (2) mengetahui peningkatan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa melalui penggunaan media flanelgraf pada siswa kelas IV SDN 1 Kewangunan pada Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Kewangunan tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 18, terdiri dari 12 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis penggunaan media flanelgraf dan kegiatan pembelajaran aksara Jawa serta analisis kuantitatif untuk menganalisis data kuantitatif berupa nilai hasil penilaian kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa. Prosedur penelitian adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media flanelgraf dalam peningkatan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas IV SD Negeri 1 Kewangunan, dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) Guru menyiapkan diri dan media dengan baik; b) Guru menunjukkan media flanelgraf beserta papan flanel sambil bertanya jawab dengan siswa; c) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk beriteraksi dengan media serta membahas hasil kerjanya; d) Guru membimbing siswa untuk bekerja sama dalam kelompok; e) Guru bersama siswa membahas hasil kerja kelompok, kemudian meminta siswa berinteraksi dengan media. (2) Adanya peningkatan kemampuan membaca dan menulis akasara Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kewangunan. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media flanelgraf dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kewangunan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa dari tindakan siklus I, siklus II, dan siklus III. Kata kunci: Media flanelgraf, membaca, menulis aksara Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 26 Apr 2014 21:10
    Last Modified: 26 Apr 2014 21:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13784

    Actions (login required)

    View Item