PENGARUH FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH PEPAYA CALIFORNIA DI PASAR SWALAYAN KOTA SURAKARTA

Trimastuty, Dyan (2013) PENGARUH FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH PEPAYA CALIFORNIA DI PASAR SWALAYAN KOTA SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (125Kb) | Preview

    Abstract

    Terhadap Keputusan Pembelian Buah Pepaya California Di Pasar Swalayan Kota Surakarta. Skripsi dengan pembimbingan Dr. Ir. Kusnandar, M.Si dan Bekti Wahyu Utami, SP. MSi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli buah pepaya california di pasar swalayan Kota Surakarta dan mengkaji variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli buah pepaya california di pasar swalayan Kota Surakarta. Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah judgment sampling, dimana peneliti berada di tempat penelitian untuk melakukan penyebaran kuisioner atau wawancara. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang pembeli yang didasarkan pada ukuran sampel untuk analisis faktor minimal lima kali dari jumlah variabel yang diteliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan pencatatan. Metode analisis data dengan menggunakan analisis faktor. Analisis faktor adalah suatu analisis yang digunakan untuk mereduksi, meringkas dari banyak variabel menjadi beberapa faktor. Analisis faktor menggunakan data yang berasal dari pendapat responden terhadap 19 variabel buah pepaya california yang diamati. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa ada 7 faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli buah pepaya california di pasar swalayan Kota Surakarta (Lotte Mart, Hypermart Solo Grandmall, Hypermart Solo Square, Carrefour Paragon, dan Carrefour Pabelan). Ketujuh faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor tingkat dan kesesuaian harga (22,210%), faktor tempat (14,489%), faktor fisik produk (9,679%), faktor rasa dan aroma (7,972%), faktor promosi (7,472%), faktor fleksibilitas harga (5,749%), faktor nilai gizi (5,469%). Variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli buah pepaya california di pasar swalayan Kota Surakarta berdasarkan besarnya nilai factor loading adalah variabel tingkat harga buah pepaya california (0,878), faktor tempat adalah variabel kemanan (0.837), faktor fisik adalah variabel ukuran buah (0,926), faktor produk adalah variabel aroma buah (0,751), faktor promosi adalah variabel ketersediaan buah (0,792), faktor harga dan kenyamanan adalah variabel kenyamanan (0,813), dan faktor warna dan kandungan gizi adalah variabel kandungan gizi (0,783). Saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut : Untuk faktor tingkat dan kesesuaian harga dimana variabel potongan harga buah pepaya california sangat dipertimbangkan, maka perusahaan hendaknya lebih meningkatkan kegiatan promosi memberikan harga khusus dan potongan harga lebih sering bukan hanya pada akhir pekan saja sehingga diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan buah pepaya california.Untuk faktor promosi, variabel ketersediaan buah sangat dipertimbangkan oleh konsumen, perusahaan diharapkan lebih meningkatkan kegiatan promosi seperti membagikan katalog belanja mengenai harga promosi buah pepaya california kepada para pengunjung. Selain itu pihak swalayan hendaknya lebih meningkatkan ketersediaan produk buah pepaya california. Hasil analisis faktor marketing mix terhadap keputusan pembelian buah pepaya california pada pasar swalayan Kota Surakarta menunjukkan persentase total varian sebanyak 65,566% sedangkan, sisanya sebanyak 34,434% mempertimbangkan faktor lain yang tidak tercakup dalam faktor marketing mix. Hal tersebut memungkinkan diadakan penelitian lebih lanjut oleh peneliti lain dengan meneliti faktor lain diluar faktor bauran pemasaran / marketing mix.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:45
    Last Modified: 03 May 2014 18:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13771

    Actions (login required)

    View Item