FUNGSI PENGAWASAN DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI SURAKARTA DALAM PEMENUHAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Dewi, Nurviana Kusuma (2013) FUNGSI PENGAWASAN DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI SURAKARTA DALAM PEMENUHAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (522Kb) | Preview

    Abstract

    NURVIANA KUSUMA DEWI, E0009254. 2013. FUNGSI PENGAWASAN DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI SURAKARTA DALAM PEMENUHAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui fungsi pengawasan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Surakarta dalam pemenuhan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) serta mengetahui implikasi yuridis bagi perusahaan yang tidak menerapkan SMK3. Penelitian ini bersifat preskriptif atau terapan dan dalam penelitian hukum ini penulis menggunakan penelitian hukum normatif. Sebagai sumber dalam penyusunan penulisan, penulis menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder dengan teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah logika deduksi yaitu dengan pengajuan premis mayor kemudian premis minor setelah itu baru ditarik kesimpulan dari kedua premis tersebut. Berdasarkan bahan hukum yang sudah diperoleh dan dianalisis, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Surakarta belum melaksanakan fungsi pengawasan SMK3 secara optimal karena belum adanya peraturan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pengawasan SMK3 sehingga Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Surakarta masih terfokus pada peningkatan kesadaran perusahaan untuk membangun komitmen K3. Bagi perusahaan yang tidak menerapkan SMK3 dikenai sanksi administratif sebagaimana yang sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:46
    Last Modified: 03 May 2014 18:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13753

    Actions (login required)

    View Item