AKTIFITAS PUBLIC RELATIONS DALAM MENANGANI KRISIS (Study Deskriptif Kualitatif Mengenai Aktifitas Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta Untuk Memulihkan Citra Dalam Menangani Kasus Kecelakaan Kereta Api Bima vs Gaya Baru di Purwosari Oktober 2010).

Fira S., Diah Septia (2013) AKTIFITAS PUBLIC RELATIONS DALAM MENANGANI KRISIS (Study Deskriptif Kualitatif Mengenai Aktifitas Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta Untuk Memulihkan Citra Dalam Menangani Kasus Kecelakaan Kereta Api Bima vs Gaya Baru di Purwosari Oktober 2010). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (459Kb) | Preview

    Abstract

    MENANGANI KRISIS (Study Deskriptif Kualitatif Mengenai Aktifitas Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta Untuk Memulihkan Citra Dalam Menangani Kasus Kecelakaan Kereta Api Bima vs Gaya Baru di Purwosari Oktober 2010). Sejumlah 136 Halaman. PT. Kereta Api Indonesia adalah BUMN adalah perusahaan milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa transportasi darat yaitu kereta api. Perusahaan ini mempunyai misi menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis penunjangnya. Namun pada tanggal 2 Oktober 2010 kecelakaan kereta api di wilayah Daop 6 Yogyakarta terjadi di Stasiun Purwosari Solo pada Sabtu dini hari sekitar pukul 02.35 WIB. Kereta Api Bima jurusan Jakarta-Surabaya menabrak Kereta Api Gaya Baru yang sedang berhenti di Stasiun Purwosari, Solo. Tabrakan tersebut menyebabkan jatuhnya satu korban meninggal dunia. Dan korban lainya mengalami luka-luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Aktifitas Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta Untuk Memulihkan Citra. Peneliti membagi penelitian ini dalam dua sub bab. Diantaranya yaitu Kronologis/tahapan tahapan krisis dan Public Relations dalam menangani krisis yang dibagi menjadi dua tahapan yaitu tahapan pra-krisis dan tahapan menangani krisis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka/dokumentasi. Dimana data yang digunakan adalah data primer dan sekunder kemudian hasil yang diperoleh di deskripsikan. Sedangkan teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisa yang digunakan penulis adalah teknik analisis interaktif. Teknik ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan validitas data menggunakan teknik triangulasi data/ sumber dan triangulasi metode. Kesimpulannya, Strategi komunikasi yang digunakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta adalah strategi adaptif untuk pemulihan citra.. Aktifitas Humas dilakukan dengan bekerja sama dengan media/media relations dalam menangani krisis. Sebagai juru bicara humas mengakomodir segala bentuk informasi secara cepat dan akurat kepada publik. Humas selalu menyertakan media dalam setiap kegiatan penanganan krisis dalam rangka untuk pemulihan citra pasca terjadinya kecelakaan. Bentuk aktifitas Public Relations melalui media relations yaitu konferensi pers, kunjungan ke media, dan dialog interaktif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:48
    Last Modified: 03 May 2014 18:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13732

    Actions (login required)

    View Item