PERTUMBUHAN STEK BATANG DAN KANDUNGAN POLIFENOL PADA TEH (Camellia sinensis (L.) O. Kuntze) SETELAH PEMBERIAN VARIASI KONSENTRASI NAA (1-Napthalene Acetic Acid) DAN IBA (Indole-3-Butyric Acid)

Noorvitri, Isnaniar Hikmah (2013) PERTUMBUHAN STEK BATANG DAN KANDUNGAN POLIFENOL PADA TEH (Camellia sinensis (L.) O. Kuntze) SETELAH PEMBERIAN VARIASI KONSENTRASI NAA (1-Napthalene Acetic Acid) DAN IBA (Indole-3-Butyric Acid). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (342Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan stek batang teh (Camellia sinensis (L.) O. Kuntze) serta kandungan polifenolnya setelah pemberian NAA (1-Napthalene Acetic Acid) dan IBA (Indole-3-Butyric Acid). Penelitian disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pemberian Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) kelompok auksin, yaitu NAA dan IBA. NAA dalam tiga macam konsentrasi, yaitu 50, 100, 150 ppm. IBA dalam 3 macam konsentrasi, yaitu 100, 200, 300 ppm dan kontrol yaitu perlakuan tanpa pemberian auksin. Variabel yang diukur setiap minggu yaitu panjang tunas dan jumlah tunas, sedangkan variabel yang diukur pada akhir penelitian yaitu panjang akar, jumlah akar, berat basah, berat kering, dan kandungan polifenol. Data dianalisis secara deskriptif selanjutnya dianalisis dengan ANAVA, apabila terdapat beda nyata antar perlakuan diuji lanjut dengan DMRT pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian NAA dan IBA tidak memberikan hambatan terhadap panjang dan jumlah tunas, yaitu tunas aksilar dan struktur yang menyerupai kalus. Pada pemberian IBA konsentrasi 300 ppm berpengaruh terhadap panjang dan jumlah akar, yaitu akar adventif. Namun, pemberian NAA dan IBA ini tidak meningkatkan kadar polifenol pada stek batang teh.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QK Botany
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:49
    Last Modified: 03 May 2014 18:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13726

    Actions (login required)

    View Item