PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP SIKAP TENTANG KEJADIAN MENARCHE

Srianjari, Linda (2013) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP SIKAP TENTANG KEJADIAN MENARCHE. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (488Kb) | Preview

    Abstract

    Linda Srianjari. S 541202081, 2013. The Effect of Health Education with Lecturing and Discussion Methods on the Attitude on Menarche Incidence. First Commission of Counselor: Prof. Bhisma Murti, dr., MPH, M.Sc, Ph.D. Second Counselor: Prof. Dr. Satimin Hadiwidjaja, dr., PAK, MARS. Study Program: Family Medical Magister, Main Interest: Health Professional Education. Postgraduate Program of Surakarta Sebelas Maret University. Background: Menarche is very important incidence in female adolescents as an indicator that the productive period cycle (menstruation) begins. In the attempt of education is conducted with lecturing and discussions method. This research aimed to find out the effect of health education with lecturing and discussion methods on the attitude on menarche incidence. Subject and Method: Quasi-experimental research by Two Group Pretest Posttest Designs. The sampling technique used was Simple Random Sampling. The sample was 82 female students of SMP N 2 Tangen in 2013 that had not experienced menarche yet consisting of 41 students in lecturing method and 41 in discussion method. The method of collecting data was questionnaire of attitude to and knowledge on menarche incidence. Technique of analyzing data used was paired samples T-test. Result: 1) There was an effect of attitude to menarche after health education with lecturing method (CI: 95%, p = 0.000) with t statistic value of 7.530 and significance level of 0.000 (p < 0.005). 2) There was an effect of attitude to menarche after health education with discussion method with t statistic value of 5.568 and significance level of 0.000 (p < 0.005). 3) There was a different attitude of students to menarche after health education with lecturing and discussion methods with t statistic value of 4.008 and significance level of 0.000 (p < 0.005) confirmed by the mean value of discussion method (99.27) higher than that of lecturing method (79.76). Conclusion: There was a positive and statistically significant relationship between health education with lecturing and discussion methods and the attitude to menarche incidence. Keywords: Health Education, Menarche, Attitude. Linda Srianjari. S 541202081, 2013. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Sikap Tentang Kejadian Menarche. Komisi Pembimbing I : Prof. dr. Bhisma Murti, MPH, M.Sc, Ph.D. Pembimbing II : Prof. Dr. Satimin Hadiwidjaja, dr.,PAK, MARS. Program Studi : Magister Kedokteran Keluarga Minat Utama : Pendidikan Profesi Kesehatan. Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Latar Belakang : Menarche merupakan peristiwa sangat penting pada remaja putri sebagai pertanda siklus masa subur (menstruasi) sudah dimulai. Dalam upaya peningkatan sikap positif siswi dalam penyikapan tentang kejadian menarche maka dilakukannya pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan kesehatan metode ceramah dan diskusi terhadap sikap tentang kejadian menarche. Subyek dan Metode : Desain penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan rancangan penelitian Two Group Pretest Posttest Designs. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampel yaitu jumlah responden 82 siswi SMP N 2 Tangen tahun 2013 yang belum mengalami menarche, 41 siswi metode ceramah dan 41 siswi metode diskusi. Cara pengumpulan data dengan kuesioner sikap dan pengetahuan tentang kejadian menarche. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired samples T test. Hasil : 1) Ada pengaruh pada sikap tentang menarche sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan dengan metode ceramah (CI : 95%, p = 0,000) dengan harga t hitung sebesar 7,530 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 (p < 0,005). 2) Ada pengaruh sikap tentang menarche sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan dengan metode diskusi dengan harga t hitung sebesar 5,568 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 (p < 0,005). 3) Ada perbedaan pada sikap siswi tentang menarche setelah pendidikan kesehatan metode ceramah dan diskusi dengan harga t hitung sebesar 4,008 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 (p < 0,005) diperkuat mean metode diskusi (99,27) lebih besar daripada mean metode ceramah (79,76). Simpulan : Terdapat hubungan yang positif dan secara statistik signifikan pendidikan kesehatan metode ceramah dan diskusi terhadap sikap tentang kejadian menarche. Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Menarche, Sikap.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 26 Apr 2014 20:21
    Last Modified: 26 Apr 2014 20:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13715

    Actions (login required)

    View Item