“ANALISIS PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH DAN HASIL AUDIT BPK TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH” (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah)

PAMUNGKAS, BAGUS (2013) “ANALISIS PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH DAN HASIL AUDIT BPK TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH” (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (640Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah selama kurun waktu 2008-2010. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah indeks pembangunan manusia, karakteristik pemerintah daerah (jumlah pegawai negeri sipil, pertumbuhan ekonomi, tingkat ketergantungan, jumlah perusahaan industri besar dan sedang) dan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgement-sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 102 data yang terdiri dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah selama periode 2008-2010. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi logistik dengan bantuan software SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi, tingkat ketergantungan dan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Sedangkan jumlah pegawai negeri sipil dan jumlah perusahaan industri besar dan sedang tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:50
    Last Modified: 03 May 2014 18:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13708

    Actions (login required)

    View Item