IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH ( MPMBS) DI SMA N 1 SUKOHARJO

Marsini, Sri (2013) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH ( MPMBS) DI SMA N 1 SUKOHARJO. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (438Kb) | Preview

    Abstract

    Sri Marsini. IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Sukoharjo, faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah untuk memaksimalkan faktor pendukung dan upaya untuk mengatasi faktor penghambat pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Sukoharjo. Sumber data berasal dari informan, tempat atau lokasi, dokumen, dan arsip. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa fungsi dalam Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah telah digarap sekolah meliputi manajemen kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, humas, pendanaan, dan proses belajar mengajar. Simpulan penelitian ini adalah implementasi manajemen peningkatan mutu bersasis sekolah di SMA N 1 Sukoharjo telah dilaksanakan dengan baik. Faktor pendukung pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah adalah SDM yang bagus dalam melaksanakan tugas masing-masing yaitu kepala sekolah, wakasek, guru, karyawan, dan siswa. Selain itu didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk KBM. Faktor penghambatnya adalah terbabatasnya pendanaan untuk pengembangan sekolah serta kurangnya peran komite sekolah. Upaya untuk memaksimalkan faktor pendukung adalah dengan peningkatan mutu. Upaya untuk mengatasi faktor penghambat adalah dengan pengajuan dana untuk pengembangan sekolah, meningkatkan kesadaran orang tua untuk ikut memberikan bantuan dana pengembangan sekolah, dan meningkatkan peran komite sekolah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:51
    Last Modified: 03 May 2014 18:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13697

    Actions (login required)

    View Item