UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGPULE PADAMARA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

, SUYITO (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGPULE PADAMARA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF ( analisis statistik sederhana, alat bantu pembelajaran, hasil belajar, lompat tinggi.) - Published Version
Download (240Kb) | Preview

    Abstract

    Suyito. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGPULE PADAMARA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar lompat tinggi menggunakan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Karangpule Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangpule yang berjumlah 22 siswa yang terdiri atas 13 siswa putra dan 9 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes praktik lisan dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik sederhana yaitu dengan menghitung persentase. Prosedur penelitian ini meliputi ranah psikomotor, afektif dan kognitif. Psikomotor meliputi : Awalan, tumpuan, melayang dan mendarat. Afektif : semangat,sportifitas, percaya diri dan kejujuran. Kognitif : Menyebutkan macam-macam gerak dasar lompat tinggi Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi dari tahap pra siklus sebesar 45,45% atau 10 siswa kemudian pada siklus I meningkat menjadi 68,18% atau 15 siswa dan pada siklus II meningkat sebesar 95,45% atau 21 siswa. Proses pembelajaran pada pra siklus hasil belajar lompat tinggi siswa rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I, hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat tinggi meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar lompat tinggi siswa meningkat tinggi sehingga mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Karangpule Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 19:43
    Last Modified: 26 Apr 2014 19:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13684

    Actions (login required)

    View Item