IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PENDIDIKAN MASYARAKAT KOTA SURAKARTA

Gendrowati, Gendrowati (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PENDIDIKAN MASYARAKAT KOTA SURAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (338Kb) | Preview

    Abstract

    Kebijakan program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta memberi keringanan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta dan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi implementasi program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta. Secara deskriptif akan disajikan implementasi tahapan sesuai dengan peraturan walikota Nomor 11 A Tahun 2012 dan untuk mengungkap aspek bagaimana implementasi program dijalankan, dilakukan analisis implementasi menurut teori Grindle yaitu menganalisis dari isi kebijakan dan konteks kebijakan. Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif. Untuk itu data yang dikumpulkan dapat dikelompokkan atas data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara informan, pengamatan dan pencatatan lapangan Jenis Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan informan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dan pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan, serta anggota masyarakat yang terlibat dalam implementasi program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta. Teknik penentuan informan dengan menggunakan model purposive sampling. Data sekunder bersumber dari dokumen peraturan walikota. Analisis data dilakukan dengan model interaktif, sedang uji validitas data dilakukan dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman umum dan petunjuk pelaksanaannya dan memiliki dampak positif terhadap penurunan angka anak putus sekolah dan program wajib belajar 9 tahun di Kota Surakarta dapat tercapai. Sejumlah faktor diidentifikasi sebagai faktor pendukung keberhasilan program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta yaitu faktor isi kebijakan antara lain faktor jenis manfaat dan derajat perubahan yang diharapkan. Saran untuk pelaksana program BPMKS dalam implementasinya dengan meningkatkan sosialisasi terhadap orang tua tentang pentingnya program BPMKS bagi putra putrinya serta dengan mengadakan pelatihan guru dalam membuat proposal pengajuan BPMKS sehingga proses pencairan dana BPMKS dapat berjalan lancar dan tepat sasaran. Kata kunci : implementasi program, anak putus sekolah, BPMKS This research is aimed to analyze the implementation of society education funding Surakarta City program and to identify the supported and inhibiting faktors. Descriptively, there will be description of the implementation phase in relation to the regulation number 11 A 2012, and to reveal aspect of how is BPMKS implementation operate, there will be analysis implementation with Grindle theory, that are content policy and contecs policy. The research is a descriptive qualitative with some informants such as the head of education youth and sport department and some official in education department, the head master of elementary school level, the head master of junior high school level, the head master of senior high school level, and the head master of vocational high school level, also society member who takes a part implementation of society education funding Surakarta city program. Secondary data are from document that exist and secondary data collected by seeing document and files wich connected to implementation. Data analysis techniques used are interactive model, validity test by using triangulation. Based on the result of this research, implementation of society education funding Surakarta city program can be done properly as standard procedure and operational guideline and it has good impact to decrease the number of breaking school children and nine years study compulsary program in Surakarta can be achieved. Some factors are identified as suporting factors for implementation of society education funding Surakarta city program such as the types of benefit and changing level which is expected. The only on cumberer factors is the problem on program realization where the society is still passive to BPMKS program. Suggestion for realization of BPMKS prograam is that in its implementation by increasing the socialization to the parents about the important of BPMKS program for their son dan daughter also by improving teachers work on the Implementation of this program in order to be not miing target. Key word : program implementation, breaking school children, BPMKS.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Administrasi Publik
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 26 Apr 2014 19:38
    Last Modified: 26 Apr 2014 19:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13674

    Actions (login required)

    View Item