PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS I SDLB NEGERI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Suratmi, Sri (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS I SDLB NEGERI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (282Kb) | Preview

    Abstract

    Sri Suratmi. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Tunagrahita Kelas I SDLB Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui media gambar seri pada siswa tunagrahita kelas I SDLB Negeri Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita kelas I semester II SDLB Negeri Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi berbicara melalui media gambar seri, dokumentasi untuk memperoleh data kemampuan berbicara awal, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan berbicara siklus I dan II. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif komparatif, yakni dengan membandingkan kemampuan berbicara antarsiklus, yang dianalisis adalah kemampuan berbicara permulaan siswa sebelum menggunakan media gambar seri dan kemampuan berbicara setelah menggunakan media gambar seri sebanyak dua siklus. Berdasarkan hasil pengolahan data dari pelaksanaan tindakan kelas dapat dijelaskan bahwa nilai awal kemampuan berbicara siswa yang mendapat nilai 60 ada 1 siswa, dan 3 siswa mendapat nilai di bawah 60, rara-rata kelas 51,25 ketuntasan klasikal 25%, pada siklus I siswa yang mendapat nilai 60 atau lebih terdapat 2 siswa dan 2 siswa mendapat nilai di bawah 60, rata-rata kelas 57,50 ketuntasan secara klasikal 50%, pada siklus II seluruh siswa mendapat nilai 60 atau lebih, yang diasumsikan secara klasikal telah menuntaskan belajar kemampuan berbicara, rata-rata kelas menjadi 63,75 dan seluruh siswa telah menuntaskan belajar kemampuan berbicara. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa tunagrahita kelas I semester II di SDLB Negeri Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: media gambar seri, kemampuan berbicara, siswa tunagrahita. Sri Suratmi. Increasing The Speaking Ability Through The Media Image Series on The Mentally Retarded In The First Year SDLB Negeri Boyolali in The School Year 2012/2013. Skripsi, Surakarta: The Faculty of Teacher Training and Science Education, Sebelas Maret University, Jule 2013. The aim of this is to increase the speaking ability through the media image series on the idiot students in the first year SDLB Negeri Boyolali in the school year 2012/2013. The approach used in this study is Class Action Reseach (CAR). The subject of this study is all of the mentally retarded in the first year Semester II SDLB Negeri Boyolali in the school year 2012/2013 that consist of 4 sudents. The techniques used in this study to collect the data are observation is used to observe the teacher’s and students’ activities in teaching and studying Indonesian about speaking material through the media image series, documentation is used to get the data of the early speaking ability, and test is used to get the data of speaking ability in the cycles I and II. To analyze the data this study uses descriptive comparative, that is by comparing the speaking abilities intercycle. The thing to be analyzed is the students’ early speaking ability before using the media image series and their speaking ability after using the media image series for two cycles. Based on the result of analyzing the data from the implementation of class action, it can be explained that the early value of the students’ speaking ability , the student who gets 60 is one, and the other 3 students get the value less than 60, the class value average is 51,25 the classical exhaustiveness is 25%. In the cycle I the students who get the value 60 or more are 2 sudents and the other 2 students get the value less than 60. The class value average is 57,50, the classical exhaustiveness is 50 %. In the cycle II all of the students get the value 60 or more. It is assumed that it has completed studying speaking ability. The class value average becomes 63,75 and all of the students have completed studying speaking ability. Based on the explanation above it can be concluded that using the media image series can increase the speaking ability of the mentally retarded in the first year Semester II in SDLB Negeri Boyolali in the school year 2012/2013. Key words: media image series, speaking ability, mentally retarded.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 26 Apr 2014 19:33
    Last Modified: 26 Apr 2014 19:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13669

    Actions (login required)

    View Item