PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SDN SE-GUGUS MATARAM KECAMATAN KARTASURA TAHUN AJARAN 2012/2013

TIMUR, MAHARANI (2013) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SDN SE-GUGUS MATARAM KECAMATAN KARTASURA TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (CTL, Penguasaan Konsep, Perkembangan Teknologi) - Published Version
Download (810Kb) | Preview

    Abstract

    The purpose of this research is to know influence of the CTL model toward the mastery concept of technological development at fourth grade elementary school of Gugus Mataram Kartasura Sub-District at 2012/2013 academic year. The form of this research is Quantitative with experimental approach. Design of this research is Pretest-Posttest Control Group Design. Population of this research are all of fourth class students all of Gugus Mataram Kartasura SubDistrict at 2012/2013 academic year. The sampling technique was done by Cluster Random Sampling. Cluster Random Sampling technique was used to choose the functioning school at random as a group class of experiment and class group control. Experimental group in this research are fourth grade students elementary school of 02 Wirogunan and control group are fourth grade students elementary school of 01 Wirogunan. Data collecting technique used test method, documentation, and interview. The technique of data analyze using t test. The conclusion of this research is there are significance and positive influence of CTL model toward the mastery concept of technological development at fourth grade elementary school of Gugus Mataram Kartasura SubDistrict at 2012/2013 academic year. The average post-test on experimental group with CTL model is 79,5, while the average post-test on control group with direct instruction model is 73,4. Result of calculation with the t test obtained a statistical price of tcount = 2,409 and ttable with significant grade 5% and DK = 39 is 2,023. This is obtained a statistical price of tcount > ttable = 2,409 > 2,023, thus refuse the null hypothesis and accept the alternative hypothesis. This means there is difference of the mastery concept of technological development to students who taught by CTL and direct instructional model. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model CTL Terhadap Penguasaan Konsep Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Gugus Mataram Kecamatan Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Desain penelitiannya adalah Prettest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Mataram Kecamatan Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Teknik Cluster Random Sampling digunakan untuk memilih sampel secara acak yang berfungsi sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Wirogunan dan kelompok kontrol adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Wirogunan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap penguasaan konsep perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Mataram Kecamatan Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Hasil tes akhir kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) menunjukkan rata-rata 79,5 sedangkan pada kelompok kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung hasil tes akhir menunjukkan rata-rata 73,4. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh �௛̢ŖnN3 sebesar 2,409 dan �ŖĖɎb7 dengan taraf signifikan 5% dan DK = 39 sebesar 2,023. Hasilnya adalah �௛̢ŖnN3 > � ŖĖɎb7 atau 2,409 > 2,023, sehingga menolak ܪ଴ dan menerima ܪ�. Yang berarti bahwa ada perbedaan penguasaan konsep perkembangan teknologi siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 19:28
    Last Modified: 26 Apr 2014 19:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13665

    Actions (login required)

    View Item