PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP VOLUNTARY DISCLOSURE (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2011)

HENDRANASTITI, NUR MEIDIAFNI (2013) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP VOLUNTARY DISCLOSURE (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2011). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (504Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance (ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, frekuensi rapat dewan komisaris, ukuran komite audit, frekuensi rapat komite audit, kepemilikan publik, dan kepemilikan institusional) terhadap luas pengungkapan sukarela pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2010-2011. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 116 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kepemilikan publik dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sukarela. Sebaliknya, mekanisme corporate governance lain tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sukarela.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:52
    Last Modified: 03 May 2014 18:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13663

    Actions (login required)

    View Item