Pendapat Mahasiswa tentang Kebebasan Pers (Stud Mengenai Pendapat Mahasiswa Universitas Maret tengtang Kebebasan Pers Indonesia)

Satriyawan, Charisma (2013) Pendapat Mahasiswa tentang Kebebasan Pers (Stud Mengenai Pendapat Mahasiswa Universitas Maret tengtang Kebebasan Pers Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (751Kb) | Preview

    Abstract

    Kebebasan menjadi perbincangan dalam wacana global. Sangat bervariasi pertanyaan dan pendapat dari berbagai pihak yang menggapi wacana tentang kebebasan pers. Di Indonesia pun demikian, terjadi perbincangan tentang dekade ini menjadi suatu kekuatan organisasi yang sangat berpengaruh. Begitu besarnya pengaruh pers sehingga ada yang berpendapat siapa yang akan menjadi media yang informatif , objektif, dan berimbang sesuai dengan prinsip disiplin verifikasi dan cover both side. Karena itu melalui penelitian ini peneliti bermaksud mancari tahu bagaimana pendapat mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta mengenai kebebasan pers di Indonesia dan faktor yang mempengaruhinya yaitu bagaimana berjalannya kebebasan pers di Indonesia dan bagaimana media daam menjalankan kebebasan tersebut. Penlitian ini terkategori studi survei dengan menggunakan metode deskritif kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 100 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik area sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan kusioner. Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pendapat mengenai kebebasan pers di Indonesia mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta mengatakan ada kebebasan pers di Indonesia, akan tetapi berjalannya kebebasan pers bervariasi, setidaknya ada 9 kategori pendapat. Adapun pendapat mengenai kebebasan pers di Indonesia yang dominan berkembang pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta ada eman yaitu : pertama, kebebasan pers merupakan perwujudan dari kebebasan berbicara dan kebebasan berekspresi dalam menyatakan pendapat. Kedua, Kebebasan pers merupakan unsur yang harus ada dalam demokrasi. Kegita,Kebebasan pers adalah kebebsan seseorang untuk mendapatkan informasi dari berbagai media. Keempat, Kebebsan pers juga berarti diperolehnya mengungkapkan berbagai kritik terhadap institusi kekuasaan. kelima, Kebebasan pers mencerminkan lingkungan hukum, pengaruh politik, dan ekonomi suatu negara. Keenam, Kebebasan pers merupaka hal yang penting dalam membentu pemerintahan yang baik. Sedangkan pendapat mengenai media massa dalam menyajikan berita menurut mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yaitu : media massa dalam menyajikan berita agak jujur, media massa dalam menyajikan berita agak akurat, dan media massa dalam menyajikan berita kurang berimbang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 26 Apr 2014 19:38
    Last Modified: 26 Apr 2014 19:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13649

    Actions (login required)

    View Item