N NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE: Tinjauan Struktural, Nilai Pendidikan, dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Atas di Surakarta

Sunata, Yanuri Natalia (2013) N NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE: Tinjauan Struktural, Nilai Pendidikan, dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Atas di Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (novel, analisis struktural, nilai pendidikan, pembelajaran sastra) - Published Version
Download (821Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Unsur-unsur intrinsik novel Bidadari-bidadari Surga karya Tere Liye; (2) Nilai-nilai pendidikan yang digunakan pengarang dalam novel Bidadari-bidadari Surga; dan (3) Relevansi novel Bidadari-bidadari Surga dalam pembelajaran apresiasi sastra SMA di Surakarta. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dan analisis isi atau content analysis. Selain itu peneliti juga menggunakan pendekatan struktural dari novel Bidadari-bidadari Surga. Validitas data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Sumber data primer adalah novel Bidadari-bidadari Surga karya Tere Liye, cetakan XII, November 2012, Jakarta. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat serta wawancara. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) analisis struktural; alur campuran. tema, perjuangan, dan cinta kasih. Penokohan digambarkan secara fisik dan psikis. Latar tempat yang digunakan, yaitu lokasi pedesaan dan sebagian di luar negeri. Sudut pandang yang digunakan, yaitu sudut pandang orang pertama yang maha tahu. Gaya bahasa yang ditemukan adanya majas seperti metafora, personifikasi, simile atau perumpamaan, majas retoris, sinekdoke, hiperbola, epizeukis, retoris, metonimia, dan ironi. Suasana cerita yang digunakan, yaitu suasana yang menggambarkan kehidupan yang religius, perjuangan, kesedihan, dan cinta kasih; (2) Nilai pendidikan meliputi: (a) nilai religius, yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; (b) nilai sosial yaitu, saling membantu, prasangka baik, saling menghargai keadaan fisik; (c) nilai moral, yaitu berbakti kepada orang tua, perjuangan kakak kepada adik; dan (d) nilai estetika, yaitu budaya daerah di pedesaan. (3) Adanya relevansi novel Bidadari-bidadari Surga sebagai bahan ajar sastra bagi siswa SMA di Surakarta. Simpulan penelitian ini adalah berbagai unsur dalam novel Bidadaribidadari Surga memiliki hubungan yang saling berkaitan. Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Bidadari-bidadari Surga yaitu nilai religius, nilai moral, nilai sosial, dan nilai estetika. Selain itu, novel Bidadari-bidadari Surga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran Sekolah Menengah Atas di Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 19:15
    Last Modified: 26 Apr 2014 19:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13647

    Actions (login required)

    View Item