UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SEBORO KECAMATAN SADANG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Arsani, Setyo Sadi (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SEBORO KECAMATAN SADANG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (459Kb) | Preview

    Abstract

    Setyo Sadi Arsani. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SEBORO KECAMATAN SADANG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013, Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli. 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar tolak peluru melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 2 Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen dengan jumlah total 23 orang siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan kolaborator. Teknik pengumpulan data dengan tes praktik, pengamatan, dan studi simak. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model terus-menerus dan dilaksanakan dalam siklus yang diberikan pada siswa yang dijadikan subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar Tolak Peluru siswa kelas V SD Negeri 2 Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata kelas 74,37 dan ketuntasan belajar mencapai 47,83%. Pada pertemuan 2 nilai ratarata kelas 76,46 dan ketuntasan belajar mencapai 69,57%. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata kelas 78,07 dan ketuntasan belajar mencapai 78,26%. Pada pertemuan 2 nilai rata-rata 79,47 dan ketuntasan belajar mencapai 91,30%. Hal ini menunjukkan bahwa target capaian 75% hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas V SDN 2 Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/2013 dapat tercapai dengan ketuntasan belajar mencapai 91,30%. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran tolak peluru dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas V SDN 2 Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Hasil Belajar, Tolak Peluru, Pendekatan Bermain

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 26 Apr 2014 19:15
    Last Modified: 26 Apr 2014 19:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13646

    Actions (login required)

    View Item