PENGARUH KOMBINASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI FKIP UNS TAHUN 2013

Taradipa, Reda (2013) PENGARUH KOMBINASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI FKIP UNS TAHUN 2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (785Kb) | Preview

    Abstract

    Reda Taradipa. PENGARUH KOMBINASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI FKIP UNS TAHUN 2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kombinasi media pembelajaran (Microsoft PowerPoint dan Ulead Video Studio) terhadap minat belajar mahasiswa pada perkuliahan Teknologi Pembelajaran Akuntansi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Akuntansi yang sedang mengikuti mata kuliah Teknologi Pembelajaran Akuntansi. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah Nonprobability Sampling dengan Teknik Sampling Jenuh. Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari angket yang disebarkan oleh peneliti kepada mahasiswa sebagai responden pada akhir perkuliahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, metode uji statistik yang digunakan adalah Uji-T dengan melakukan uji persyaratan analisis terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan kombinasi media pembelajaran terhadap minat belajar mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan melalui perhitungan Uji-T yang menghasilkan nilai t hitung sebesar 2,040 yang melebihi nilai t tabel sebesar 1,998 dan P-Value sebesar 0,045 lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditentukan yaitu sebesar 0,05. Simpulan penelitian adalah terdapat pengaruh penggunaan kombinasi media pembelajaran terhadap minat belajar mahasiswa pada perkuliahan Teknologi Pembelajaran Akuntansi. Kata Kunci: Kombinasi Media Pembelajaran, Minat Belajar Reda Taradipa. THE EFFECT OF LEARNING MEDIA COMBINATION TOWARD STUDENTS INTEREST IN LEARNING ON TEKNOLOGI PEMBELAJARAN AKUNTANSI COURSE AT FKIP UNS IN 2013. Skripsi: The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Surakarta June 2013. The purpose of this research is to know the effect of learning media combination (Microsoft PowerPoint and Ulead Video Studio) toward students interest in learning on Teknologi Pembelajaran Akuntansi course. The population that is used in this research is the 4th semester students of Economic Accounting Education who are joining Teknologi Pembelajaran Akuntansi course. In this research, sampling technique which choosen was Nonprobability Sampling with Jenuh Sampling Technique. The determination of the group will be treated experimental and control is conducted randomly. The data that used is primary data which come from distributed questionnaries by researcher to students as respondents when the course ends. This research is quantitative research using experimental methods, statistical methods which used is T-Test with the test requirements prior analysis. The research result show that there is learning media combination has effect to students interest in learning. It is shown by T-Test calculations that resulting T-Value for 2,040 which exceed the value of T-Table for 1,998 and P-Value for 0,045 smaller than a predetermined significance level for 0,05. The conclusion of this research is there are significance effect use of learning media combination toward students interest in learning on Teknologi Pembelajaran Akuntansi course. Keyword: Learning Media Combination, Students Interest in Learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 26 Apr 2014 19:10
    Last Modified: 26 Apr 2014 19:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13641

    Actions (login required)

    View Item